<<
BERITADPD GOLKARDPP GOLKAR

Musa Rajekshah Maju Ketua DPD Golkar Sumut, Ini Persetujuan Ketum Golkar Airlangga

Berita – Panitia Musyawarah Daerah (Musda) ke X Golkar Sumut, memasukkan diskresi atau persetujuan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto kepada Musa Rajekshah untuk maju sebagai calon Ketua DPD Golkar Sumut kedalam rancangan (draf) tata tertib (tatib) Musda yang disusun oleh panitia.

Masuknya diskresi dalam tatib ini akan menjadi pembeda Musda kali ini dengan tatib Musda X 23-24 Februari di JW Marriott, yang hasilnya dibatalkan oleh Mahkamah Partai.

Ketua SC Musda X Golkar Sumut Rolel Harahap (kiri). (f:Iskandar/mistar)

Ada 9 syarat yang harus dipenuhi oleh seorang anggota untuk mendaftarkan diri sebagai calon ketua DPD. Ijeck sebetulnya belum memenuhi syarat. Namun, Airlangga Hartarto menggunakan diskresinya dan memberi persetujuan kepada Ijeck untuk maju melalui surat persetujuan tanggal 25 Februari.

Namun panitia tidak memperbolehkan Ijeck maju karena diskresi tidak ada dalam tatib Musda. Sehingga dalam Musda hanya ada satu calon yakni Yasir Ridho Lubis yang kemudian terpilih secara aklamasi.

Baca Juga :  PSBB Transisi DKI Diperpanjang Lagi, Golkar Minta Ganjil Genap Dievaluasi

Dimasukkannya diskresi dalam draf tatib yang akan disahkan nantinya tentu akan jadi pembeda Musda kali ini dengan Musda yang dibatalkan hasilnya itu.

“Artinya (Ijeck) boleh maju. 9 syarat itu terpenuhi dengan diskresi itu. Di (Musda) JW Marriott itu kan belum ada (diskresi) dalam tatib,” kata Ketua Steering Comitee (Panitia Pengarah) Musda X Golkar Sumut Rolel Harahap, Selasa (28/7/20).

Dia mengatakan, panitia telah menggelar rapat-rapat persiapan Musda dan melaporkannya ke hakim pengawas. Seyogianya, berdasarkan rencana dan arahan DPP Musda akan digelar di Jakarta paling lambat akhir Juli ini.

“Untuk waktu pelaksanaannya masih menunggu DPP. Memang informasi yang kita terima, dari 8 DPD di Indonesia yang direncanakan Musda akhir Juli ini, baru tiga yang terlaksana, lima lagi belum termasuk Sumut,” jelasnya.

Baca Juga :  Nurul Arifin: Pendidikan dimulai dari Ibu

Bekas Wakil Wali Kota Tanjung Balai mengatakan, secara kesiapan panitia siap dan tinggal menunggu petunjuk DPP. “Kita positif thinking saja. Juli kan masih ada beberapa hari lagi,” sebutnya.

Musda ke-X Golkar Sumut memanas dengan pertarungan antara Yasir Ridho Lubis, anggota DPRD Sumut, dengan Musa Rajekshah, Wagub Sumut yang juga berkeinginan mengikuti jejak pamannya Ajib Shah yang pernah memimpin Golkar Sumut.

Saat ini Ketua DPD Golkar Sumut dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Ahmad Doly Kurnia Tanjung. Doly ditunjuk sebagai Plt karena DPP mencopot Ngogesa Sitepu, bekas Bupati Langkat dari kursi Ketua DPD.

Sumber

BERITA TERKAIT

Back to top button