LEGISLATIF

Abdul Razak Optimis Kalteng Mampu Lewati Resesi Ekonomi

0
Wakil Ketua I DPRD Kalteng, H. Abdul Razak.

Berita Golkar – Wakil Ketua I DPRD Kalteng, H. Abdul Razak, menegaskan bahwa Presiden RI H. Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, telah mengingatkan pada tahun 2023 kondisi keuangan secara global berada di posisi kurang baik dan diprediksi terjadi resesi ekonomi.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan lambatnya proses pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid-19 serta dipicu oleh perang yang terjadi antara Rusia-Ukraina berkepanjangan, yang berdampak terjadinya krisis energi dan pangan dunia.

“Kondisi ekonomi global yang penuh dengan ketidakpastian ini sudah pasti akan berdampak pada keuangan domestik Indonesia, di mana kondisi tersebut sudah dirasakan oleh Provinsi Kalteng dengan terjadinya inflasi disejumlah Kabupaten/Kota, akibat dampak kenaikan harga BBM yang berujung pada kenaikan harga kebutuhan pokok,” ucap Razak kepada wartawan, Senin (9/1/2023).

Baca Juga :  Kabar Duka Golkar Jatim, Sabron Djamil Pasaribu Tutup Usia

Wakil rakyat dari Dapil III meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara ini juga mengatakan bahwa kondisi yang terjadi akibat krisis global harus dicermati dan diantisipasi oleh seluruh stakeholder, khususnya instansi teknis dan vertikal di daerah dalam berkoodinasi serta bersinergi untuk menghadapi kondisi tersebut.

“Kita harus optimis menjalani tahun 2023 dan berhati-hati supaya perekonomian negara seta daerah bisa berjalan sesuai harapan, di mana integritas, akuntabilitas dan kredibilitas perencanaan keuangan daerah harus ditingkatkan, agar tercipta kondisi keuangan yang baik. Saya meyakini Indonesia khususnya Kalteng mampu melewati kondisi krisis global yang terjadi saat ini,” pungkas Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar ini.

Baca Juga :  Tanggapan Hetifah soal Siswi di Bantul Dipaksa Pakai Jilbab di Sekolah