LEGISLATIF

Ace Hasan: Komisi VIII Pastikan Persiapan Penanggulangan Bencana BPBD Bali

0
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily.

Berita Golkar – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily memastikan bahwa infrastruktur serta strategi penanggulangan bencana di Bali telah siap menghadapi potensi ancaman bencana.

Hal ini penting, sebab Bali merupakan destinasi wisata Internasional dan menarik perhatian dari berbagai pihak soal keselamatan industri pariwisatanya.

“Provinsi Bali merupakan daerah wisata destinasi wisata paling tinggi di Indonesia yang dikunjungi bukan hanya wisatawan lokal, tetapi juga sudah dikenal oleh seluruh dunia sebagai kawasan wisata paling banyak dikunjungi oleh wisatawan internasional. Tentu diperlukan keselamatan para wisatawan tersebut terutama dari potensi bencana,” ujar Ace saat mengunjungi BPBD Bali, Denpasar, Kamis (2/5/2024).

Baca Juga :  Raski Mokodimpit Tekankan Seluruh Fraksi Dukung Seluruh Program Ekonomi Kerakyatan

Dalam pertemuan yang berlangsung di kantor BPBD Provinsi Bali, anggota Komisi VIII DPR RI, yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VIII, melakukan diskusi mendalam dengan Kalaksa BPBD Bali dan jajaran terkait lainnya.

Mereka membahas berbagai aspek terkait kesiapan darurat, termasuk infrastruktur, perencanaan evakuasi, ketersediaan alat dan personel, serta upaya pencegahan bencana.

“Alhamdulillah Bali sendiri provinsi Bali sendiri sudah memiliki Perda khusus terkait dengan mitigasi bencana dan tentu Perda tersebut telah mengatur tentang bagaimana standar operasional penanganan bencana terutama mitigasi bencana yang ada di provinsi Bali, tentu aspek ini sangat penting dalam rangka memastikan agar para wisatawan berada pada saat mereka mengunjungi Bali terlindungi, kaitan dengan itu tentu hal tersebut perlu diberikan dukungan,” ujar Ace.

Baca Juga :  Pileg 2024, Golkar Lampung Targetkan Kemenangan Sebesar 20 Persen

Kunjungan kerja reses Komisi VIII DPR RI ke BPBD Provinsi Bali ini diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kesiapsiagaan serta efektivitas penanggulangan bencana di Wilayah Provinsi Bali, sehingga masyarakat Bali dapat lebih aman dan siap menghadapi potensi ancaman bencana di masa depan.

“Dukungan berbagai infrastruktur yang mendukung ke arah mitigasi bencana tersebut misalnya potensi tsunami tentu ada di Bali potensi gunung berapi juga ada di Bali gitu beberapa kebutuhan Seperti alat pendeteksi tsunami tentu harus ada kemudian alat deteksi gempa juga harus disiapkan alat deteksi,” ungkap Ace.