BERITAEKSEKUTIF

Airlangga Hartarto: Pertumbuhan Ekonomi RI Minus 1,1 Persen di Kuartal IV-2020

0
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto/GI)

Berita Golkar –  Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memperkirakan ekonomi Indonesia bakal tetap tumbuh negatif hingga kuartal IV-2020. Menurut kemungkinan terburuknya, pertumbuhan ekonomi nasional bisa mencapai minus 1 persen.

Airlangga mengatakan, kontraksi perekonomian merupakan hal yang lumrah terjadi di setiap negara selama masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Di kuartal kedua kita ketahui kita terkontraksi -5,32 persen, dan juga dibandingkan dengan berbagai negara relatif kontraksi kita tidak terlalu dalam,” kata Airlangga dalam acara penyaluran KUR bagi UMKM mitra platform digital, Rabu (23/9).

Baca Juga :  Fajri Munthe Pimpin Golkar Subulussalam

Menurut dia, pemerintah telah memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi nasional bisa tetap tumbuh minus hingga kuartal IV-2020, yakni pada kisaran -1,1 persen sampai 0,2 persen.

“Pemerintah melihat tren di kuartal kedua ketiga tentunya akan menentukan kuartal keempat, dan range dari pada pertumbuhan yang diperkirakan di kuartal 3 mulai dari -3 sampai -1,” ujar Airlangga.

Harap Membaik di 2021

Namun, Airlangga berharap pertumbuhan ekonomi dapat mulai berbalik arah pada 2021. “Berbagai lembaga sudah melihat, bahwa perekonomian Indonesia akan maju di lajur positif 4,5 – 5,5 persen di 2021,” sambungnya.

Baca Juga :  DPP Partai Golkar Segera Umumkan Paslon dalam Pilkada Kukar

Keyakinan itu dilontarkannya lantaran penanganan Covid-19 dalam bidang kesehatan mulai menunjukkan tren positif. Seperti pada rasio tingkat kesembuhan pasien.

“Tentunya kita melihat ada hal yang positif juga, data menunjukkan bahwa tingkat kesembuhan meningkat di Indonesia, 72,7 persen. Ini mendekati rata-rata global di 73 persen,” pungkas Airlangga.

Merdeka

Wakil Ketua DPRD Lombok Timur F-Golkar Ingatkan Pemda Soal Investasi Tambak Suryawangi

Previous article

Flatform Digital Bantu Pemerintah Salurkan KUR UMKM

Next article

You may also like

Comments