DPD GOLKAR

Bidik Milenial di Kalangan Pekerja Pesiar, Golkar Bali Luncurkan Koperasi

0
Ketua DPD Partai Golkar Bali, I Nyoman Sugawa Korry.

Berita Golkar – DPD I Partai Golkar menggarap segala potensi di tahun politik. Partai Golkar meluncurkan Koperasi Jasa Swadarma Guna Karya Bali dengan target membidik kalangan milenial yang rata-rata pekerja pesiar.

“Koperasi Jasa Swadarma Guna Karya Bali kita dirikan bersama masyarakat. Terbentuk 7 April 2023, sudah ada 115 anggota yang bergabung dan menyetorkan simpanan pokok masing-masing sebesar Rp 2 juta,” ujar Ketua DPD I Golkar Bali, Nyoman Sugawa Korry, di Denpasar, Rabu (24/5).

Sugawa Korry menyebutkan, optimis keanggotaan Koperasi Swadarma Guna Karya Bali akan terus berkembang. Baik dari kader Golkar maupun warga masyarakat.

“Koperasi yang kita bentuk ini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Bali,” ujar politisi asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng ini.

Baca Juga :  Gandung Pardiman: BSNPG Harus Fokus

Tak main-main, kata Wakil Ketua DPRD Bali ini, proses pengurusan badan hukum juga telah berjalan dengan bukti Akta Nomor 69 dari Notaris Linda Hermayanti dengan pengesahan Menkumham Nomor : AHU 001763AHO129 tahun 2023.

Sejumlah pentolan Golkar masuk di dalamnya sebagai pengurus. Tampil sebagai Ketua adalah Dr Nyoman Diana politisi Golkar asal Gianyar, Sekretaris, Made Togog yang notabene Anggota Fraksi Golkar DPRD Gianyar serta Bendahara Ida Ayu Maryani.

Sementara posisi pengawas dipegang I Gusti Anom Masta, politisi Golkar yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Gianyar. Sementara Sugawa Korry sendiri diposisi Dewan Penasehat.

Sugawa Korry mengatakan, usaha koperasi pada tahap awal diprioritaskan bergerak dalam jasa keuangan/simpan pinjam, khususnya membantu pembiayaan keberangkatan calon pekerja migran kapal pesiar di darat atau luar negeri.

Baca Juga :  90 Ribu Peserta Ikut Acara Jalan Sehat Golkar se-Kalteng

“Karena saat ini masalah kesempatan kerja masih dirasakan sebagai salah satu masalah di Bali (pasca Covid-19,red). Pengurus koperasi juga telah mengikuti diklat dan lulus kompetensi/bersertifikat yang diberikan oleh Badan Litbang Koperasi Provinsi Bali,” ujar mantan Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Bali ini.

Sementara Made Togog secara terpisah mengatakan, respon masyarakat yang ingin ikut bergabung sebagai anggota terus bertambah.

“Calon pekerja juga sudah banyak yang menghubungi pengurus untuk difasilitasi,” ujar mantan Wakil Ketua DPRD Gianyar ini.

Sedangkan Made Diana yang juga owner perusahaan terbesar penyalur naker kapal pesiar di Bali membeber, Koperasi Swadarma Guna Karya Bali, siap memfasilitasi biaya pemberangkatan naker ke luar negeri.

Saat ini koperasi telah siap dana sebesar 500 juta dari simpanan pokok dan penyertaan dari anggota.