DPP GOLKAR

Bobby Adhityo Ragu Lembaga Survei Mau Pertaruhkan Reputasi Demi Pesanan

0
Ketua DPP Partai Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi.

Berita Golkar – Ketua DPP Partai Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi mengaku ragu jika hasil survei dapat diutak-atik, karena adanya pesanan atau titipan dari pihak tertentu.

“Bila melihat hasil lembaga survei yang sudah memiliki jejak rekam dari pilpres sebelum-belumnya dan teruji ke akuratannya, saya rasa mereka tidak akan mengorbankan reputasi dan profesionalitas nya,” terang Bobby kepada wartawan di Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Ia menegaskan lembaga survei selalu mengumumkan hasil temuannya secara terbuka kepada publik, sehingga potensi adanya pesanan, ia nilai makin tidak memungkinkan.

“Lain bila lembaga survei yang tahun 2009, 2014, 2019 belum ada publikasinya, (tentu) masih perlu pembuktian publik,” tegasnya.

Bobby menilai dengan adanya hasil survei maka para kandidat justru terbantu, dapat melihat potret terkini dan merevisi kegiatan elektoralnya.

Baca Juga :  PP AMPG Bidang Ekonomi dan Kesra Siapkan 1.200 Paket Nasi ke Masyarakat Terdampak Covid-19

“Hasil survei kan bisa dibuktikan proses dan metodologinya, mereka (lembaga survei juga) punya asosiasi yang memastikan profesionalitas dan integritas anggota-anggotanya,” ucap Bobby.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengaku tidak terlalu percaya dengan hasil survei. Menurutnya, lembaga-lembaga survei yang banyak merilis hasil elektabilitas pasangan capres dan cawapres dapat diintervensi, bahkan dibeli.