BERITA

Christina Aryani Terima Penghargaan Hassan Wirajuda Awards

0
Christina Aryani dan Menlu Retno Marsudi bersama jajaran saat Kementerian Luar Negeri menggelar penganugerahan Hassan Wirajuda Pelindungan WNI Award (HWPA) 2023, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Jumat malam (26/4/2024).

Berita Golkar – Kementerian Luar Negeri menggelar penganugerahan Hassan Wirajuda Pelindungan WNI Award (HWPA) 2023 untuk memberikan apresiasi kepada pihak yang telah berjasa dalam pelindungan WNI di luar negeri.

Penghargaan itu diberikan kepada 23 individu dan entitas dari berbagai kalangan.

“Malam ini, kita kembali berkumpul untuk memberikan apresiasi kepada para insan pelindung warga negara Indonesia yang bergerak atas nama kemanusiaan, dan bekerja keras tanpa lelah, tanpa batas, beyond their call of duty. Kontribusi positif mereka senantiasa turut menyokong prioritas diplomasi Indonesia selama satu dekade terakhir,” kata Menlu Retno Marsudi dalam sambutannya di Gedung Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Jumat malam (26/4/2024).

Retno mengucapkan selamat dan terima kasih kepada semua pihak yang mampu meraih HWPA Tahun 2023.

Baca Juga :  Hasil KPU: Partai Golkar Unggul di Jawa Barat

Dia menyebut penghargaan itu diberi lantasan ketulusan dalam pelindungan WNI di luar negeri.

“Saya ucapkan selamat dan terima kasih atas semangat, peran aktif dan ketulusan para penerima HWPA dalam upayanya memberikan pelindungan kepada para WNI di luar negeri. Kiprah Ibu Bapak pada penerima HWPA 2023 memotivasi kita semua untuk terus memberikan yang terbaik bagi bangsa,” ujar Retno.

Penyelenggaraan HWPA 2023 merupakan penyelenggaraan ke-sepuluh sejak pertama kali diadakan tahun 2015 dan khusus tahun ini ada yang berbeda dimana untuk pertama kalinya seorang anggota DPR RI juga menerima anugerah Hassan Wirajuda Pelindungan WNI Awards untuk katagori Tokoh Peduli.

Christina Aryani, anggota Komisi I Fraksi Partai Golkar menjadi penerima anugerah tersebut.

Christina yang mewakili daerah pemilihan DKI Jakarta II (Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri) menjadi satu-satunya politisi penerima HWPA katagori Tokoh Peduli.

Ia mengaku kaget sekaligus bangga komitmen serta kerja-kerjanya terkait pelindungan WNI di luar negeri selama ini mendapat atensi dan apresiasi dari Kemlu.

Baca Juga :  Dinilai Banyak Terjadi Polemik, Doli Kurnia Soroti Pelaksanaan Proses Seleksi CASN 2024

“Kaget sekaligus bangga, komitmen dan kerja-kerja kami selama ini mendapat perhatian dan apresiasi dari Kementerian Luar Negeri”, ujar Christina.

Sebagaimana diketahui, Christina Aryani sangat aktif mengadvokasi isu-isu pelindungan WNI di luar negeri, mulai dari berkunjung langsung ke lebih dari 30 negara guna memastikan WNI mendapatkan pelayanan dan pelindungan optimal dari negara, hingga turun langsung mengadvokasi kasus-kasus yang dialami WNI di Malaysia, Filipina, Polandia, Madagaskar, Kuwait, UAE serta Kamboja.

Christina juga vokal memastikan proses evakuasi WNI di luar negeri yang negaranya mengalami perang atau situasi luar biasa berjalan dengan baik antaranya di Ukraina, Afghanistan, Myanmar, Sudan Selatan serta Palestina.

“Terima kasih untuk Kemlu atas sinergi yang baik dengan DPR RI selama ini. Ke depannya kami berharap semakin banyak anggota DPR yang memiliki kepedulian lebih terhadap isu pelindungan WNI di luar negeri”, tutup Christina Aryani.