DPD GOLKAR

Daftarkan 30 Bacaleg, Golkar Kediri Optimis Raih 6 Kursi DPRD

0
Ketua DPD Partai Golkar Kota Kediri, Sudjono Teguh Widjaja (tengah) saat melakukan konferensi pers.

Berita Golkar – DPD Partai Golkar (Golongan Karya) Kota Kediri mengaku optimistis dalam Pemilu 2024 mendatang bisa mendapatkan enam kursi DPRD Kota Kediri.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD Partai Golkar Kota Kediri, Sudjono Teguh Widjaja dalam konferensi persnya seusai mendaftarkan 30 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari Partai Golkar Kota Kediri, secara resmi didaftarkan ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) di Jalan Jaksa Agung Suprapto No. 32 Kota Kediri.

Menurut Sudjono, panggilan akrab Ketua DPD Partai Golkar Kota Kediri ini, pihaknya datang ke KPU untuk penyerahan berkas 30 bacaleg dengan rincian, Dapil 1 kota ada sembilan bacaleg, Dapil 2 Pesantren terdapat sembilan bacaleg, dan Dapil 3 Mojoroto ada dua belas bacaleg.

“Untuk perwakilan perempuan, dari Dapil 1 Kota Tengah, lebih dari 30%, yaitu lima calon wanita dan empat laki-laki. Sedangkan Dapil 2 Kota Timur (Pesantren) ada tiga perempuan dan laki-lakinya enam, jadi lebih dari 30%. Dan untuk Dapil Kota Barat (Kecamatan Mojoroto) ada 12 kursi, lakinya delapan dan perempuannya empat,” katanya.

Baca Juga :  Menko Airlangga Harap Pengusaha Nahdliyin Bantu Tingkatkan Ekonomi Indonesia

Sudjono berharap, pada Pemilu mendatang Partai Golkar bisa mendapatkan dua kursi di masing-masing Dapil, termasuk Dapil Pesantren yang pada Pemilu 2019 kemarin kosong, nantinya bisa memperoleh dua kursi.

“Mudah-mudahan tidak ada kendala, dan bisa selesai hari ini, supaya dapat ikut Pemilu tahun 2024 dengan perolehan kursi sesuai target, yaitu dari yang semula hanya dua kursi menjadi enam kursi DPRD Kota Kediri, atau masing-masing Dapil mendapatkan dua kursi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Kediri, Pusporini Endah Palupi
mengucapkan terima kasih atas kehadiran DPD Golkar Kota Kediri dalam pendaftaran Bacaleg untuk Pemilu 2024 di kantor KPU.

“Semua berkas yang sudah masuk akan direkap dan diverifikasi kelengkapannya, termasuk keterwakilan perempuan yang 30 persen,” tuturnya.

Baca Juga :  Transisi Ke Endemi, Golkar DKI Ajak Warga Jakarta Jaga Kesehatan

Lebih lanjut dijelaskan, sesuai dengan PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 dan PKPU Nomor 10 tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dimulai tanggal 1 sampai 14 Mei 2023 dibuka mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Sedangkan khusus pada hari terakhir, yaitu tanggal 14 Mei 2023, dibuka mulai pukul 08.00 sampai dengan 23.59 WIB.

“Hari ini akan kami akan melakukan penelitian atas kelengkapan dokumen dari Partai Golkar. Apabila dinyatakan lengkap, maka kami akan menerbitkan berita acara. Namun apabila dokumen dinyatakan belum lengkap, maka kami akan mempersilahkan kepada DPD Partai Golongan Karya untuk melengkapinya hari ini, tanggal 14 Mei 2023, yaitu sampai dengan batas waktu jam 23.59 WIB,” urainya.

Seperti diketahui, pendaftaran Bacaleg Partai Golkar ini diiringi dengan kesenian tradisional Jaranan (Kuda Lumping) dan rebana yang sempat menyita perhatian warga masyarakat, Minggu, 14 Mei 2023.