LEGISLATIF

Elita Herlina Kembali Soroti Kurangnya Kepedulian Masyarakat Berau terhadap Lingkungan

0
Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina.

Berita Golkar – Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina menyoroti masih maraknya masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan atau bukan di tempat yang telah disediakan.

Elita sangat menyayangkan kurangnya kepedulian masyarakat Kabupaten Berau terhadap lingkungan dan khawatir kebiasaan tersebut susah dihilangkan.

“Tidak hanya di Sungai saja, tapi di tempat-tempat umum. Kebiasaan seperti ini yang membuat daerah kita menjadi kotor dan tidak sehat,” ucapnya Selasa (28/11/2023).

Baca Juga :  Wamendag Jerry Pimpin Pertemuan Maraton Menteri Ekonomi ASEAN dengan RoK, METI dan CER

Tumpukan sampah yang ada di sungai maupun tempat umum lainnya, tentunya akan menimbulkan efek negarif pada lingkungan sekitar.

“Belum lagi saat musim penghujan, sungai menjadi dangkal dan mengakibatkan banjir. Saya juga sering memberikan masukan agar tidak membuang sampah di sungai. Tapi nyatanya banyak masyarakat yang belum sadar dan berpotensi menimbulkan banjir,” ungkapnya.

Kendati demikian, Politikus Partai Golkar ini menuturkan, salah satu upaya untuk menyadarkan masyarakat pentingnya menjaga lingkungan dengan menggandeng seluruh elemen yang ada.

Baca Juga :  Hetifah Sjaifudian Harap Guru Terus Jadi Teladan Inovasi bagi Siswa

“Baik di tingkat kampung hingga kecamatan untuk ikut berperan dalam memberikan edukasi terkait bahaya membuang sampah sembarangan serta dampak yang akan ditimbulkan,” bebernya.

Kendati demikian, pihaknya ingin mulai dari pejabat tingkat RT untuk rutin lakukan sosialisasi kepada anak-anak tentang pentingnya buang sampah pada tempatnya.

“Langkah dasarnya bisa melalui sosialisasi di tingkat RT. Lalu memberikan edukasi kepada anak-anak sejak dini pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Tentu peran OPD terkait juga dibutuhkan,” pungkasnya.