BERITA

Gandung Pardiman-BRIN Gelar Pelatihan Pengolahan Daur Ulang Plastik dan Kertas di Yogyakarta

0
Anggota Komisi VII DPR RI yang juga sebagai Ketua DPD Partai Golkar DIY, Gandung Pardiman.

Berita Golkar – Pemerintah Kabupaten kota se DIY diminta untuk mengolah secara mandiri sampah-sampah rumah tangga mereka.

Salah satu di antaranya memilahkan sampah plastik dan kertas dengan sampah organik.

Anggota Komisi VII DPR RI dari fraksi Golkar Gandung Pardiman, tanggapi permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat Yogyakarta terkait pembuangan sampah.

Gandung Pardiman bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar pelatihan pengolahan daur ulang Plastik dan kertas, di Hotel Sriwedari Jalan Laksda Adi Sucipto Yogyakarta, Kamis (10/8).

Gandung Pardiman mengatakan berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi masalah sampah ini.

Sebelum pelatihan pengolahan daur ulang limbah Plastik dan Kertas, Gandung juga telah menggelar pelatihan pengolahan limbah sampah menjadi pupuk kompos.

“Saya berharap adanya pelatihan dari BRIN ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan bahkan sangat bagus untuk diterapkan. Jika warga masyarakat benar-benar memanfaatkan limbah sampah untuk pupuk kompos maupun limbah sampah plastik dan kertas didaur ulang menjadi aneka kerajinan yang bernilai jual, maka tidak akan terjadi masalah sampah seperti yang terjadi sekarang ini,” ujar Gandung.

Baca Juga :  DPD Golkar Deli Serdang Berikan Daging Kurban ke 750 KK

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua DPD Golkar Sleman Janu Ismadi saat memberikan sambutan selamat datang kepada para peserta pelatihan.

Janu menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota DPR RI Gandung Pardiman yang telah menginisiasi digelarnya pelatihan daur ulang plastik dan kertas bersama BRIN.

Pelatihan ini sangat bermanfaat. Sebab sampah plastik saat ini masih menjadi masalah.

Padahal jika plastik atau kertas yang sudah tidak terpakai bisa diolah menjadi aneka macam kerajinan maka akan menghasilkan.

Pelatihan ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan sampah yang kini sedang menjadi perbincangan masyarakat Yogyakarta.

“Saat ini Yogyakarta tengah didera masalah sampah. Diharapkan pelatihan daur ulang plastik dan kertas yang digelar BRIN bersama anggota DPR RI Gandung Pardiman ini bisa bermanfaat dan menjadi solusi mengatasi masalah sampah. Terima kasih kami haturkan kepada Pak Gandung,” tandas Janu saat memberi sambutan dalam pembukaan pelatihan di Hotel Sriwedari Depok Sleman Yogyakarta, Kamis (10/8).

Baca Juga :  AMPG Inhil Laksanakan Kegiatan Jumat Berkah

Dr Haryanto perwakilan dari BRIN dalam sambutannya menghaturkan terima kasih kepada anggota komisi VII DPR RI Gandung Pardiman.

Komisi VII DPR RI adalah mitra kerja dari BRIN dan acara pelatihan ini terlaksana berkat kerjasama yang baik BRIN dengan Komisi VII DPR RI.

“Semoga pelatihan daur ulang plastik dan kertas ini bermanfaat,” katanya.

Sementara itu, Sekda Pemkab Sleman Hardo Kiswoyo menyambut baik kegiiatan yang digelar BRIN bersama anggota DPR RI Gandung Pardiman.

Pelatihan daur ulang Plastik dan Kertas ini bisa menjadi salah satu solusi penanganan masalah sampah di Yogyakarta.

Pemkab Sleman saat ini tengah membangun tempat pengolahan sampah di tamanmartani Kalasan Sleman Yogyakarta.