DPD GOLKAR

Golkar Cilacap Berpartisipasi Percepatan Penangangan Stunting di Jawa Tengah

0
Golkar Cilacap saat menyerahkan bantuan ke salah satu anak balita penderita stunting di Kelurahan Sidakaya, Kecamatan Cilacap Selatan. 

Berita Golkar – DPD Partai Golkar Kabupaten Cilacap melalui fungsionarisnya berpartisipasi membantu percepatan penanganan stunting di wilayah Kabupaten Cilacap.

Percepatan penanganan stunting masih menjadi program prioritas pemerintah kabupaten (Pemkab) Cilacap, Jawa Tengah.

Hal itu diwujudkan dengan memberikan bantuan berupa beras bervitamin untuk dimasak kemudian diberikan sebagai makanan tambahan untuk anak balita penderita stunting di Kelurahan Sidakaya, Kecamatan Cilacap Selatan.

“Ini dalam rangka partisipasi DPD Partai Golkar Cilacap menindaklanjuti program pemerintah daerah untuk percepatan penanganan stunting di Kabupaten Cilacap ada gizi buruk dan lain sebagainya,” ujar Wakil Ketua DPD Partai Golkar Cilacap, Bidang Media dan Penggalangan Opini, Ekanto Wahyuning Santoso usai menghadiri kegiatan stunting di Aula Kelurahan Sidakaya, Rabu (25/1/2023).

Ia menambahkan, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian, bahwa Partai Golkar memahami tentang anggaran untuk penanganan stunting yang masih sangat terbatas dan membutuhkan perhatian banyak pihak.

“Sehingga pada hari ini, Partai Golkar melalui salah satu fungsionaris di partai kami yaitu mas Anton Iskandar memberikan bantuan berupa beras bervitamin. Ada juga uang saku untuk anak balita stunting,” ungkapnya.

Ia berharap Partai Golkar nantinya menjadi pemicu organisasi-organisasi lain maupun partai politik yang lainnya untuk bisa berperan serta dimanapun itu.

Ekanto menyebut, peran serta masyarakat, organisasi, dunia usaha dan lain sebagainya sangat dibutuhkan untuk bisa berperan serta secara aktif dalam mensukseskan program percepatan stunting di Kabupaten Cilacap.

“Bukan hanya di Kelurahan Sidakaya, bisa di wilayah-wilayah lainnya, seperti kami melihat di wilayah Cilacap bagian barat, ada salah satu partai politik juga melakukan hal yang sama,” katanya.

Baca Juga :  Golkar Sumsel Siap Hantarkan Ratna-Suwarti Raih Kemenangan Pada Pilkada 2020

Ia juga menegaskan, bahwa partai politik tidak selalu harus berpolitik, namun bisa berkegiatan sosial dan itu hak setiap organisasi apapun.

“Sehingga mas Anton Iskandar dengan kepeduliannya melibatkan Partai Golkar untuk memberikan bantuan di Kelurahan Sidakaya ini untuk mendukung kegiatan percepatan penanganan stunting,” jelas Ekanto.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, bahwa ini pertama kali dilakukan oleh DPD Partai Golkar Cilacap. Dan dalam waktu dekat nanti, pihaknya berencana melakukan hal yang sama kembali, namun di wilayah lain.

“InsyaAllah dalam waktu dekat, akan ada di wilayah timur dan barat bekerja sama dengan desa-desa yang dianggap memang membutuhkan dukungan untuk percepatan penanganan stunting ini,” bebernya.

Sementara, salah satu fungsionaris DPD Partai Golkar Cilacap, Anton Iskandar mengatakan, bantuan beras bervitamin yang diberikan berjumlah 150 kilogram untuk dimasak setiap harinya.

“Untuk perharinya, Kelurahan Sidakaya ini membutuhkan 2 kilogram beras untuk dimasak dan kami bantu untuk 81 hari kedepan. Jadi pak Lurah ini tinggal memikirkan yang lain,” ujarnya.

Adapun bantuan lainnya berupa seragam untuk para kader yang menangani kegiatan penanganan percepatan stunting di wilayah setempat agar mereka semangat dalam bekerja.

“Nanti ini tidak hanya di Kelurahan Sidakaya saja, tapi juga di Tambakreja, Tegalkamulyan dan Kelurahan Cilacap. Intinya Partai Golkar mendukung program pemerintah ini dan ikut berkontribusi dalam percepatan penanganan stunting,” kata Anton.

Terpisah, Lurah Sidakaya, Mulyono menyampaikan, di Kelurahan Sidakaya terdapat kurang lebih 27 anak balita yang memiliki berat badan dan tinggi badan kurang atau dinilai tidak normal.

“Dan kami beri perhatian khusus untuk balita yang orang tuanya memiliki kekurangan ekonomi, ada yang ekonominya mampu dari balita itu tetap kita perhatikan tapi tidak kita prioritaskan. Dan prioritas utama itu untuk yang ekonominya kurang. Kita utamakan itu dulu,” bebernya.

Baca Juga :  Konsolidasi dan Silaturahmi Airlangga Hartarto bersama DPD Golkar Bali 2020-2025

Selanjutnya, berkaitan dengan pemberian makanan tambahan, khususnya kepada anak balita penderita stunting di wilayahnya, ia menerangkan, bahwa pihaknya memberikan satu kali per harinya yakni paket nasi berikut lauk pauk yang bergizi.

“Pagi para kader ini belanja kemudian memasak di dapur yang sudah kita sediakan yaitu dapur sehat atasi stunting (Dahsyat) Kelurahan Sidakaya. Ibu-ibu kader PKK dan kader Posyandu semuanya masak disitu kemudian diolah sesuai dengan menu gizi dari Puskesmas,” jelasnya.

Setelah itu, lanjut dia, tim yang bertugas melakukan pendistribusian datang untuk mengambil paket nasi tersebut kemudian didistribusikan kepada balita-balita penderita stunting di wilayahnya.

“Harapan kami kedepan setelah 90 hari, semoga di Kelurahan Sidakaya menjadi zerro stunting dan kita bisa melaksanakan program dari Pj Bupati percepatan penanganan stunting,” ucap Mulyono.

Sementara itu, Berkaitan dengan bantuan dari salah satu fungsionaris Partai Golkar, pihaknya menilai tidak melihat dari segi politik.

Namun, diharapkan semua pihak turut berperan dalam membantu percepatan penanganan stunting, khususnya di Kelurahan Sidakaya.

“Kemarin juga ada dari masyarakat yang membantu. Kemudian tokoh-tokoh Agama ikut membantu juga. Karena apa, untuk penuntasan stunting ini memang diharuskan dan wajib dilaksanakan,” ujarnya.

Sedangkan, untuk anggaran penanganan stunting, Mulyono mengaku, bahwa anggaran tersebut belum turun hingga saat ini dan pihaknya masih menunggu.

“Harinya kapan kita belum tau, cuma karena kita harus melaksanakan program ini ya kita berusaha mencari bantuan. Dan siapapun itu, kita tidak melihat dari manapun, intinya semua pihak dapat membantu agar stunting ini dapat teratasi,” pungkasnya.