DPP GOLKAR

Golkar Konsisten Usung Airlangga Hartarto Capres 2024

0
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Berita Golkar – Politikus Partai Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena menegaskan Golkar masih konsisten dalam mengusung Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres).

Golkar juga akan terus menggaungkan kinerja apik Airlangga sebagai Menko Perekonomian.

“Golkar tetap konsisten pada putusan munas dan rapimnas. Calonkan pak Airlangga Hartarto sebagai calon presiden,” kata Melki sapaannya di Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Nama Airlangga diputuskan sebagai capres Golkar pada Munas Golkar 2019 dan Rapimnas Golkar 2021.

Menurut Melki, Partai Golkar juga berupaya keras untuk mengonversi kinerja Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian yang dinilai berhasil dalam pemulihan ekonomi pascapandemi di tengah ancaman krisis global.

Baca Juga :  Golkar Keluarkan 270 Rekomendasi Pilkada, Terbanyak Koalisi dengan PDIP

Konversi itu dilakukan dengan pendekatan dan sosialisasi pada publik atas hasil kinerja Airlangga.

“Jelaskan ke publik luas dengan berbagai pola dan beragam strategi, sehingga publik luas memahami kerja dan peran pak Airlangga Hartarto yang berjibaku membantu Presiden Jokowi dan masyarakat untuk selesaikan masalah ekonomi. Juga tugas lain seperti atasi Covid-19 yang dipercayakan pak Jokowi pada pak Airlangga Hartarto,” tegas Melki.

Sementara itu, peneliti ahli utama dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Firman Noor menilai peluang Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dalam mengajukan calon internal cukup besar.

Saat ini, KIB sudah memenuhi presidential threshold dan sudah meluncurkan Program Akselerasi Transformasi Ekonomi Nasional (PATEN).

Baca Juga :  Program 'Mekeng Bedah Rumah' di Sikka, Flotim, dan Lembata Akhirnya Tuntas

“Setidaknya untuk KIB akan tetap ke hasil kesepakatan yang ada dulu, tanpa mudah terpengaruh pada hasil survei,” kata Firman.

Menurut Firman, survei tidak mampu menangkap keseluruhan kondisi dalam politik. Sebaliknya, jejaring partai adalah yang utama dalam upaya mengetahui preferensi partai untuk memenangi pertarungan.

“Kalau bicara survei itu kan tidak bisa meng-capture keseluruhan. Tentu saja networking partai itu sebetulnya adalah elemen yang bisa dipercaya untuk mengetahui arah pilihan suatu partai,” tegas Firman.

Ia mengungkapkan Partai Golkar saat ini terlihat masih konsisten dalam mengusung Airlangga Hartarto sebagai capres.

“Kalau kita lihat gejala-gejalanya, Golkar ini masih sangat percaya diri. Setidaknya masih berupaya keras untuk tetap memajukan Airlangga,” pungkas dia.