LEGISLATIF

Golkar Minta Pemerintah Prioritaskan Keberangkatan Haji bagi WNI Berumur Lansia

0
Anggota Komisi VIII DPR RI, John Kenedy Azis.

Berita Golkar – Anggota Komisi VIII DPR RI, John Kenedy Azis meminta pemerintah memprioristakan keberangkatan ibadah haji bagi warga negara Indonesia (WNI) berumur di atas 65 tahun atau lanjut usia (lansia).

“Sebab kami menilai daftar tunggu keberangkatan haji saat ini sangat panjang, sehingga pemerintah perlu memprioristakan calon jemaah haji yang lansia,” kata John dalam keterangan tertulisnya di Jakarta dikutip, Senin (23/1/2023).

Menurutnya, ibadah haji menjadi impian bagi setiap umat Muslim di seluruh dunia.

Baca Juga :  Momentum HUT 58, Dyah Roro: Golkar akan Semakin Berkontribusi untuk RI

“Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang diwajibkan bagi yang mampu. Sayangnya, untuk berangkat haji diperlukan penantian yang panjang,” tutur John legislator Partai Golkar itu.

Ia menyebutkan, daftar tunggu sangat lama sekali. Kasian masyarakat yang berumur di atas 65 tahun.

“Bisa jadi sebelum waktu keberangkatannya tiba mereka tidak dapat merasakannya karena umurnya sudah terlalu tua,” sebut John.

Menurutnya, antusiasme masyarakat muslim untuk berangkat ibadah haji sangat besar.

Baca Juga :  Ketua Komisi II Doli Terima Asosiasi Kepala Desa

“Sehingga (prioritas haji bagi lansia) ini yang harus kita perhatikan juga Pak. Jangan sampai mereka yang sudah tua ini terlalu lama karena nanti keburu tidak ada umur,” tutur John.

John menyampaikan, sesuai prosedur jemaah haji Indonesia masuk ke dalam daftar tunggu terlebih dahulu.

“Calon jemaah haji akan mendapatkan nomor porsi dan menunggu keberangkatan untuk menunaikan ibadah haji sesuai dengan tahun yang telah ditetapkan,” paparnya.