BERITADPD GOLKAR

Golkar, PKS, PAN Beri Sinyal Dukung Haris Lambey di Batam

0

Berita – Bakal calon wali kota (Cawako) Batam periode 2020-2025 Haris Lambey akan maju dan berfokus meningkatkan laju perekonomian serta kesejahteraan masyarakat Batam. Haris Lambey menyatakan akan berupaya mendengarkan segala aspirasi masyarakat untuk kemajuan Batam.

Haris turut didukung partai Golkar. Partai Golkar Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah menggelar rapat dengan agenda konsolidasi pengajuan nama bakal calon wali kota, calon bupati, dan calon gubernur pada Pilkada Serentak Desember 2020 mendatang. Haris yang merupakan perwira polisi berdarah bugis dengan pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) menjadi salah satu kandidat bakal calon wali kota Batam yang diusung oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Kepri.

“Nama-nama yang kami ajukan dari hasil rapat pleno merupakan rekomendasi dan masih sebatas bakal calon, yang menentukan dan memutuskan adalah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar di Jakarta. Tapi seperti yang kita ketahui saat ini sedang terjadi pandemi wabah Covid-19. Maka dari itu alangkah baiknya jika kita sama-sama berdoa agar kondisi segera pulih dan pilkada berjalan lancar,” ujar Ketua DPD Golkar Kepri Achmad Ma’ruf Maulana dalam keterangan tertulis, Senin (27/7/2020).

Dalam surat penetapan hasil rapat pleno I DPD Partai Golkar Kepri tersebut, Haris diketahui akan bersaing dengan dua kader senior partai Golkar. Ada nama Ruslan M Ali Wasyim Ketua DPD II Partai Golkar Batam yang juga Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, dan Taba Iskandar Anggota DPRD Kepri yang juga politisi senior partai dengan lambang pohon beringin tersebut.

Sementara itu, Ketua PKS Kota Batam Syarifudin Fauzi mengaku pihaknya tengah menjalin komunikasi intensif dengan beberapa calon wali kota termasuk Haris yang namanya masuk dalam daftar rekomendasi ke DPP PKS.

Baca Juga :  Anggota Komisi VIII DPR RI F-Golkar minta Kemensos Perkuat Rehabilitasi Pascabencana

“Komunikasi lintas partai untuk koalisi partai dalam pilihan wali kota Batam terus berjalan. Beberapa nama seperti Haris Lambey dan pasangan Rudi Amsakar termasuk ke dalam calon yang akan direkomendasi. Selanjutnya tinggal DPP menimbang mana yang paling layak didukung berdasarkan data-data yang ada,” ujar Syarifudin.

Selain PKS, PAN diketahui juga mulai memberikan sinyal dukungan untuk Haris. Menurut sumber internal DPD PAN Batam yang tidak ingin disebutkan namanya, DPD dan DPP PAN akan mendorong dan mendukung Haris untuk maju. Hal itu didasari alasan karena masyarakat Batam yang menginginkan pemimpin baru.

“Cenderung ke Haris Lambey,” kata sumber tersebut.

Haris diklaim unggul di pemilih kelas menengah dibanding calon kandidat lain. Haris Lambey diterima dengan baik di kalangan pemilih terdidik dan mapan, seperti karyawan perusahaan, PNS, pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM), buruh, keluarga besar TNI-Polri, dosen, guru, ibu rumah tangga hingga kalangan milenial seperti mahasiswa. Haris pun menyatakan komitmennya dalam memajukan UMKM dan ekonomi kerakyatan.

“Selain sangat ingin kembali memajukan sektor maritim di Batam, saya juga akan fokus untuk mendorong peningkatan UKM dan UMKM, agar ekonomi kerakyatan bisa terus bangkit. Selain itu, proses pelayanan publik dan perizinan untuk para pelaku usaha harus lebih ditingkatkan. Serta tak lupa untuk mempromosikan sektor pariwisata Batam intinya, saya ingin mengembalikan kejayaan Batam seperti dulu,” kata Haris.

Anggota aktif Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dittahti) Polda Kepri yang sebelumnya pernah berdinas di Ditpolairud Polda Kepri selama 7 tahun tersebut optimistis dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh Batam. Haris dinilai memiliki kompetensi untuk kembali menggerakan poros kemaritiman batam yang memang sebagian besar wilayahnya terdiri dari lautan.

Baca Juga :  Melkiades Laka Lena: Pemerintah Harus Investigasi Bocornya 279 Juta Data Penduduk

“Banyak masyarakat Batam menganggur dan banyak investasi yang lari dari kota Batam. Para sarjana kesulitan mencari kerja karena sedikit lapangan pekerjaan yang tersedia di kota Batam. Oleh karena itu, saya bertekad ingin ciptakan 1.500.000 lapangan kerja dalam waktu 1 sampai 2 tahun,” sambung Haris.

Masalah ketimpangan antara jumlah penduduk dengan ketersediaan lapangan pekerjaan di Batam menjadi pekerjaan rumah yang wajib dibereskan untuk meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan masyarakat Batam. Dengan meluncurkan platform digital BatamCommerce masyarakat Batam khususnya UMKM dapat mengembangkan bisnisnya dengan lebih mudah.

“Dengan zaman teknologi yang semakin berkembang dan maju, kami intensif melakukan audiensi dengan masyarakat Batam untuk mendengar aspirasi-aspirasi masyarakat yang perekonomiannya terdampak karena pandemi saat ini. Keberadaan dari platform ini kami harapkan dapat melahirkan banyak pengusaha-pengusaha baru di Batam,” sambungnya.

Ia berharap pengusaha bisa naik kelas di Batam dengan memanfaatkan digitalisasi.

“Saya mendukung masyarakat di mitra-mitra UMKM untuk memasarkan produk mereka secara mudah dengan menggunakan fitur-fitur layanan yang ada di dalam BatamCommerce. Seperti platform untuk jual beli, sampai forum diskusi dan pelatihan atau pembinaan bagi para pelaku UMKM di Batam. Pengurusan izin usaha pun bisa sekalian dilakukan, jadi semuanya saling terintegrasi. Dengan digitalisasi pengusaha UMKM bisa naik kelas,” tutupnya.

Sumber

You may also like