LEGISLATIF

Kehadiran Little Semanggi, Sarmuji: Diharapkan Jadi Solusi Kemacetan Menuju Bandara

0
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Muhammad Sarmuji.

Berita Golkar – Menjelang arus mudik lebaran di tahun 2024 ini, Komisi VI DPR RI melakukan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunsfik) ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, Senin (25/03/2024).

Dalam Kunsfik kali ini, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Muhammad Sarmuji selaku pimpinan kunjungan menyampaikan kekhawatirannya terhadap kemacetan menjelang arus mudik.

“Orang akan berbondong-bondong ke bandara, dan potensi kemacetannya juga besar. Ada satu force majeure yang harus dihitung yaitu banjir karena kemarin sudah ada banjir di jalan tol Jakarta. Oleh karena itu kita menuntut kepada pemangku kepentingan untuk berkoordinasi sebaik mungkin,” jelasnya kepada wartawan.

Dalam kunjungan tersebut, Sarmuji juga mengharapkan solusi dari pemangku kepentingan, yang mana salah satunya adalah PT Angkasa Pura selaku penyedia jasa transportasi udara.

Sebab, transportasi udara seperti pesawat masih menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk melaksanakan mudik.

“Harus juga dicari solusi, misalkan kalau ruas salah satu tol itu belum bisa dilalui bagaimana dengan ruas yang lain. Kalau ruas ini harus dilalui apa moda transportasi yang bisa tembus seandainya ada banjir sedikit-sedikit (maka) moda transportasi yang harus disiapkan seperti apa. Intinya memang harus koordinasi dengan stakeholder yang lain, dengan Jasa Marga dengan Kementerian Perhubungan, dan lain sebagainya untuk memperlancar arus penumpang ke bandara,” ungkap Politisi Fraksi Partai Golkar ini.

Baca Juga :  PMI di Malaysia Disiksa dan Tak Dibayar, Christina Aryani Beri Tanggapan

“Sudah ada titik crowded-nya (yang) sudah bisa dipecah dengan Little Semanggi untuk mengurangi antrean pada saat menuju di bandara”

Menanggapi hal itu, pada kunjungan kerja spesifik kali ini, PT Angkasa Pura memberikan sebuah solusi. PT Angkasa Pura telah menyiapkan sebuah rute alternatif untuk meningkatkan aksesibilitas.

“Satu hal nanti disiapkan, sudah ada titik crowded-nya (yang) sudah bisa dipecah dengan Little Semanggi untuk mengurangi antrean pada saat menuju di bandara. Insya Allah persiapannya tahun ini mudah-mudahan lebih bagus,” jelasnya.

Little Semanggi adalah sebuah rute baru yang pembuatannya terinspirasi dari rute Simpang Susun Semanggi.

Dinamakan Semanggi karena bentuknya yang seperti daun Semanggi.

Baca Juga :  Darurat Kesehatan Global, Melkiades: Cacar Monyet Harus Dapat Perhatian Khusus

Nantinya rute ini diharapkan menjadi salah satu pemecah kemacetan pada arus mudik.

Diketahui, Polresta Bandara Soekarno-Hatta akan melakukan perubahan arus lalu lintas bagi pengendara menjelang arus mudik Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Wakapolresta Bandara Soetta, AKBP Ronald Fredy Christian Sipayung mengatakan, pembaruan arus lalu lintas itu dilaksanakan menyusul rampungnya pembangunan Jembatan Little Semanggi atau East Flyover.

East Flyover adalah jembatan layang yang akan menghubungkan antara ruas jalur Perimeter Selatan dan Perimeter Utara.

Nantinya, pengendara yang datang dari Perimeter Selatan dapat langsung keluar atau belok ke arah sebelah kiri tanpa harus melalui flyover.

“Jadi masyarakat yang akan berputar balik bisa melalui little semanggi itu belok kiri naik ke arah flyover, demikian juga nanti pengendara dari arah Parimeter Selatan akan keluar sebelah kiri tanpa harus melalui flyover atau di bawah jembatan di itu,” kata dia.

Dengan dioperasikannya East Flyover nanti, diharapkan dapat mengurai lonjakan kendaraan dan kepadatan lalu lintas dari dan menuku Bandara Soetta selama periode angkutan Lebaran 2024.