BERITA

Ketum Golkar Airlangga Kuasai Capres Pilihan Relawan Jokowi di Wilayah Papua

0
Penanggung jawab Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia, Budi Arie Setiadi.

Berita Golkar – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merajai perolehan suara pada Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia, di wilayah Papua.

Pada survei Musra di Papua, Airlangga mendapatkan 34,35 persen suara atau 404 dari 1176 responden.

“Airlangga mendapatkan 34,35 persen suara, mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 19,56 persen, dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan 15,05 persen,” tutur penanggung jawab Musra Budi Arie Setiadi, dalam keterangan, Rabu (1/3/2023).

Pada Musra yang digelar di GOR Sangeng, Kabupaten Manokwari, Papua Barat pada 25 Februari ini, rakyat Indonesia dari wilayah Papua menginginkan sosok capres yang jujur dan bersih.

Baca Juga :  Surunuddin-Rasyid Terima B.1-KWK Golkar

Hal ini terlihat dari survei sosok kriteria dan karakter calon pemimpin bangsa pilihan peserta Musra.

Yakni, sebanyak 334 responden atau (28,40 persen) merupakan sosok jujur dan bersih.

Di urutan kedua, responden Musra menginginkan kriteria calon pemimpin bangsa yang merakyat 326 orang atau 27,72 persen.

Di urutan ketiga, kriteria calon pemimpin bangsa yang diinginkan responden yakni sosok yang berani, tegas, dan berwibawa sebesar 268 responden atau 22,79 persen.

Menariknya, pada Musra di wilayah Papua, mayoritas responden menginginkan program prioritas yang dilakukan pemerintah adalah penyediaan lapangan kerja dan lapangan usaha.

Program prioritas ini dipilih sebanyak 699 responden atau 59,44 persen.

“Pendidikan gratis dan berkualitas menjadi program harapan rakyat dengan 227 responden atau 19,30 persen,” ujar Budi Arie Setiadi.

Baca Juga :  Ace Hasan Ajak Kader Golkar Ikut Terlibat Tangani Problematika Anak di Jawa Barat

Sementara, ada sejumlah agenda harapan rakyat yang diinginkan pada Musra di Papua.

Pertama, pemenuhan dan perlindungan hak dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan penghidupan layak (636 atau 54,08 persen).

Selanjutnya, di urutan kedua, yakni persatuan nasional dan keutuhan NKRI, menjaga kebhinekaan, dan mencegah intoleransi yang dipilih 359 responden atau 30,53 persen.

Diketahui, nama Airlangga bukan hanya muncul sebagai capres teratas pilihan Musra di Papua.

Sebelumnya, nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini juga muncul sebagai yang teratas pada Musra di Kalimantan Selatan.

Selain di urutan pertama, nama Airlangga juga muncul sebagai tiga teratas di sejumlah wilayah. Antara lain di Gorontalo, Sulawesi Barat, Banten.