BERITADPD GOLKAR

Koalisi Golkar – Gerindra Dukung Pasangan Rijanto-Marhaenis Pada Pilkada Blitar 2020

0
Pasangan Rijanto-Marhaenis

Berita Golkar –  Partai Gerindra dan Golkar akhirnya memutuskan untuk mendukung bakal pasangan calon Rijanto-Marhaenis pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2020.

Sikap dan dukungan yang diambil Partai Gerindra secara resmi diberikan setelah keluarnya surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nomer : 08-761/B.1.KWK/DPP.Gerindra/2020 yang di tandatangani oleh Dewan Pembina/Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Blitar Mujib SP menyatakan bahwa keputusan final ini diambil setelah pihaknya membangun komunikasi bersama dengan beberapa partai politik dan menentukan sikap untuk mengusung pasangan Rijanto-Marhaenis.

“Sesuai perkembangan situasi politik, mekanisme partai dan aturan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), rekomendasi itu harus diberikan kepada calon yang tadi saya maksud, jika partai itu telah menentukan sikap untuk mengusung atau mendukung salah satu calon pasangan.

Sehingga, rekomendasi itu akan saya serahkan besok secara simbolis saat pendaftaran ke KPU Kabupaten Blitar mengingat saat ini masih pandemi Covid-19 dan kita harus mematuhi terkait protokol kesehatan penanganan penyebaran Covid-19,” jelas Mujib SP, Rabu (3/9/2020) ketika dihubungi media melalui sambungan telepon.

Baca Juga :  Fakhrizal Dan Genius Umar Daftar Pilgub Sumbar, Koalisi Golkar - Nasdem - PKB

Bersamaan dengan Partai Gerindra, ternyata Partai Golkar Kabupaten Blitar juga memberikan dukungan akhir pada pasangan Rijanto-Marhaenis setelah sebelumnya telah beredar surat dukungan resmi kepada pasangan Munib-Niko sesuai SKEP 309/DPP/Golkar/VII/2020 bertanggal 28 Agustus 2020 yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Airlangga Hartarto.

Keputusan Partai Golkar yang berbalik arah mendukung incumbent Rijanto-Marhaenis yang cukup mengejutkan tersebut dijelaskan oleh Ketua DPC Partai Golkar Kabupaten Blitar Suswati yang dihubungi via telepon.

Suswati menjelaskan, terkait Surat Dukungan yang kemarin bertanggal 28 Agustus tersebut bukan surat rekomendasi. Dikarenakan Golkar pada awalnya menjaring tiga nama pasangan yang diajukan melalui mekanisme partai ke DPD Jawa Timur, yaitu Munib-Niko, Aziz-Risyad dan Rijanto-Marhaenis.

Baca Juga :  Komisi XI Apresiasi dan Dukung Kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional Semester II 2021

Ketika surat tersebut keluar, kata Suswati, kemudian PKB menentukan rekom diluar ketiga pasangan nama yang diajukan, tentu pihaknya sangat kecewa dengan PKB yang tidak konsisten dengan komitmen awal untuk mengusung salah satu diantara kedua nama pasangan yang sudah dikomunikasikan ke Golkar selain Rijanto-Marhaenis.

“Akhirnya setelah melalui pertimbangan musyawarah dengan DPD dan diteruskan ke DPP kami akhirnya sepakat untuk mengusung pasangan Rijanto-Marhaenis kembali melanjutkan pembangunan di Kabupaten Blitar sesuai dengan Rekom yang telah turun dari Ketua Umum,” jelas Suswati sambil memberikan foto surat rekomendasi langsung dari DPP Partai Golkar.

Dukungan Gerindra dan Golkar ini semakin memperkuat posisi Rijanto Marhaenis yang telah mendapat dukungan dari PDIP, Demokrat dan Nasdem sebelumnya. Sehingga sekaligus menggugurkan kans pencalonan Munib-Niko pada Pilbup 2020 ini dikarenakan hanya tinggal PKS yang mengusung sementara PKB dan PAN telah menetapkan dukungan kepada Rini Syarifah-Rahmat.

Sumber