LEGISLATIF

Legislator Golkar Kalteng: Maksimalkan UMKM bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

0
Anggota DRPD Kalimantan Tengah (Kalteng), Siti Nafsiah.

Berita Golkar – Anggota DRPD Kalimantan Tengah (Kalteng), Siti Nafsiah mengatakan, sangat mendukung adanya strategi maupun kebijakan pemerintah dalam mendorong pemulihan ekonomi yang saat ini mendapat tantangan yang sangat berat, terutama dengan adanya pandemi maupun inflasi.

Menurutnya, untuk dapat mengefektifkan pemulihan ekonomi, baik nasional maupun daerah, pemerintah dapat memaksimalkan peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) milik masyarakat.

Di mana pemerintah dapat memberikan dukungan kepada UMKM melalui pemberian stimulus secara merata dan tepat sasaran.

“Stimulus bagi kalangan UMKM juga bisa menjadi pemicu bagi pemulihan ekonomi, karena dengan stimulus itu akan sangat menyokong UMKM untuk terus menggeliat di tengah ekonomi sulit saat ini. Di mana inflasi yang terjadi di Kalteng mencapai ketiga terbesar nasional,” katanya, dikutip Rabu (2/11/2022).

Politisi fraksi Golkar ini mengatakan, untuk dapat memaksimalkan peran UMKM dalam mendorong pemulihan ekonomi, maka pemerintah diharapkan dapat melakukan terobosan yang lebih luas.

Salah satunya dengan bekerja sama dengan investor dalam rangka Pengembangan UMKM.

Baca Juga :  Firman Soebagyo: Perhatikan Faktor Keamanan bagi Pembentukan Pengadilan Tinggi

Pengembangan tersebut tidak hanya dalam rangka peningkatan keterampilan dan kualitas produk UMKM, tapi juga bisa memfasilitasi pemasaran produk unggulan UMKM tersebut secara lebih luas. Bahkan sampai menembus pasar luar negeri.

“Dengan pengembangan UMKM yang optimal dari pemerintah maupun pihak ketiga, yakni investor diharapkan bisa turut andil dalam menstabilkan gejolak inflasi saat ini. Sehingga masyarakat pun bisa tetap menjalankan kehidupannya dengan aman secara ekonomi, karena UMKM yang digelutinya masih bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.