LEGISLATIF

Legislator Golkar, Lamhot Sinaga: IKN akan Membawa Peradaban Baru Indonesia

0
Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Golkar Lamhot Sinaga.

Berita Golkar – Nusantara, sebagai ibu kota negara (IKN) baru, yang telah disahkan Undang-undangnya menciptakan harapan, komentar, kritik dan berbagai respon dimasyarakat. Anggota DPR dari Partai Golkar, Lamhot Sinaga, menganggap beragamnya respon masyarakat merupakan hal yang wajar.

“Hampir semua perubahan yang terjadi mendapat respon beragam dari masyarakat. Ada yang menganggap perubahan sebagai gangguan atas kenyamanannya, namun orang yang terbiasa hidup dinamis menganggap perubahan adalah peluang,” kata Politisi Partai Golkar ini di Jakarta.

Perpindahan ibu kota ini bukan yang pertama, sudah ada benchmark dengan negara lain. Umumnya memberikan dampak positif bagi kemajuan negara tersebut.

Baca Juga :  Zulfikar Arse Sadikin Minta Pemerintah Maksimalkan Aspek Vaksinasi Covid-19

Lamhot menegaskan, pemindahan IKN ini harus menciptakan peradapan baru bagi bangsa Indonesia sebagai dampak perubahan layanan pemerintahan seperti kecepatan eksekusi dan pengambilan keputusan atas peraturan, kebijakan dan tata kelola di internal dan antar Lembaga, departemen dan badan di pemerintah pusat.

Dengan demikian, kata Lamhot, IKN Nusantara harus memiliki infrastruktur dan sistem informasi pemerintahan yang sangat handal dan terintegrasi. Jangan sampai bangunannya megah namun ada silo-silo dan cara kerja model lama yang tidak berubah.

Baca Juga :  Ace Hasan Apresiasi Pemerintah Arab Beri Izin Keberangkatan Jemaah Haji Indonesia

Perpindahan Ibu kota juga akan mempercepat kemajuan di kota Jakarta menjadi kota bisnis, IKN Nusantara akan mengurangi beban kota Jakarta, bukan hanya sejumlah ASN yang pindah, pergerakan masyarakat dari seluruh Indonesia yang berurusan dengan berbagai Lembaga, kementerian dan badan di pemerintah pusat akan berpindah ke Ibu kota baru.

Sebagai penutup Lamhot menyampaikan harapannya agar masyarakat menyambut kehadiran IKN Nusantara ini, Indonesia akan semakin menunjukkan kelasnya sebagai negara dengan kekuatan ekonomi dan politik dengan peradapan yang semakin maju ke depan.

You may also like