LEGISLATIF

Legislator Golkar Minta Kepastian Peta Jalan Pendidikan di Indonesia

0
Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Partai Golkar Ferdiansyah.

Berita Golkar – Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah minta kepastian peta jalan pendidikan untuk menyelesaikan segala permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan Indonesia.

Ia menegaskan bahwa fraksinya, Partai Golkar, pentingnya peta jalan tersebut untuk segera dibuat.

“Sebenarnya, Komisi X sudah rapat lebih dari 22 kali tentang berbagai permasalahan di dunia pendidikan, baik dengan perwakilan guru, Pemda, maupun dengan pemerintah pusat. Harusnya sekarang bukan lagi membahas teknis. Namun perlu sebuah kepastian. Fraksi Golkar secara tegas mengatakan perlu dibuat Peta jalan Pendidikan untuk menyelesaikan masalah yang sudah diungkapkan oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim mengenai satu juta PPPK. Dimana di setiap kesempatan selalu dikatakan macet dan ada kendala di sana-sini,” ujar Ferdiansyah dalam rapat dengar pendapat Komisi X DPR dengan Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Senayan, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga :  Fraksi Golkar DPRD Jatim : Pembangunan Bandara Kediri Harus Perhatikan Sistem Drainase

Selain itu Ferdy juga meminta penjelasan terkait dampak dari rekruitmen satu juta PPPK terhadap dunia persekolahan.

Karena menurutnya, jika dihitung cepat, dari 3,1 juta guru yang disampaikan oleh kemendikbudristek, ada 1 juta yang sudah lulus PPPK (termasuk guru dari swasta).

Artinya, ada sepertiga guru di Indonesia yang mengalami migrasi atau perpindakan, termasuk guru swasta ke guru negeri.

Baca Juga :  DPD Golkar Kepulauan Riau Gelar Halal Bihalal dan Pendidikan Politik

Hal tersebut nantinya tentu akan mempengaruhi berbagai program-program prioritas nasional yang tengah dijalankan sebagaimana harapan Presiden Joko Widodo membentuk SDM (sumber daya manusia) unggul.

Seperti Program prioritas guru penggerak dan sekolah penggerak dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, serta perubahan kurikulum.

Dengan berbagai permasalah tersebut, Politisi Fraksi Partai Golkar ini menilai perlu peta jalan pendidikan.