DPP GOLKAR

Lodewijk F Paulus: Indonesia Peringkat 4 Dunia dalam Kepercayaan Masyarakat untuk Penanganan Covid-19

0
Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus dalam salah satu kegiatan partai Golkar

Berita Golkar – Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus menyebut jika banyak negara yang tak mampu menangani pandemi Covid-19 sebaik Indonesia.

Keberhasilan tersebut menjadi kian penting karena negara ini secara bersamaan mampu menjaga perekonomian tidak sampai jatuh.

Survei lembaga riset Edelman Trust Barometer mengungkap, gabungan keberhasilan itu membuat Indonesia ada di posisi empat terkait tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

“Menurut saya tolok ukur yang paling dilihat adalah bagaimana Indonesia tentunya antara pemerintah dengan semua stakeholder, termasuk masyarakat mampu menangani Covid-19. Kedua mampu menjaga dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” kata Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, (21/1/2022).

Menurutnya, banyak perekonomian negara anjlok karena fokus pada penanganan pandemi. Sebaliknya, ada negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi tinggi tapi virus korona mengamuk menjangkiti warganya.

Baca Juga :  Lodewijk F. Paulus Coba Mobil Listrik Produksi Rakitan Anak Bangsa

Sedangkan, Indonesia dapat menjaga dengan baik pengendalian persebaran Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi. Capaian itu tak lepas dari kebijakan rem dan gas yang diterapkan pemerintah.

“Dan ini lah yang menjadi strategi pemerintah menjaga,” kata dia.

Meski tetap memperhatikan sektor ekonomi, dia menyampaikan penanganan pandemi tetap menjadi fokus pemerintah.

Pasalnya, jika pandemi sudah tertangani dengan baik maka akan berdampak positif pada ekonomi. “Sisi lain, kalau covid-19 tinggi maka ekonomi turun. Itu menjadi perhatian kita bersama,” lanjutnya.

Survei tingkat kepercayaan publik pada pemerintah Indonesia menempati posisi empat di dunia. Hal tersebut diungkap lembaga Edelman.

Baca Juga :  Dua Periode Walikota, Airin Sukses Jadikan Kota Tangsel Smart City

“Indonesia memiliki tingkat kepercayaan sebesar 76 persen, naik 6 persen dari tahun sebelumnya. Tertinggi ada Tiongkok 91 persen, Uni Emirat Arab 87 persen, Arab Saudi 82 persen, dan Indonesia,” demikian pernyataan tertulis survei Edelman Trust Barometer, Kamis, (20/1/2022).

Survei dengan 36.000 responden di 28 negara ini membeberkan Indonesia di posisi ketiga terkait kepercayaan publik terhadap demokrasi.

“Publik di Indonesia memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap demokrasi, bahkan melampaui negara-negara maju,” demikian dikutip dari keterangan tertulis itu.

Dalam kategori ini, China menempati urutan pertama, disusul UEA. Tahun ini, Indonesia mendapat skor rata-rata 75, naik 3 poin ketimbang survei tahun lalu