BERITALEGISLATIF

Menanggapi Kelangkaan Pupuk, DPRD Golkar Jatim Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik

0
H. Karimullah Dahrudiaji saat serap aspirasi di kantornkelurahan Kranjingan

Berita Golkar –  Legislator Partai Golkar di DPRD Jawa Timur, Karimullah Dahruadiaji mendorong petani juga menggunakan pupuk organik untuk menyuburkan tanah pertanian. Selain itu, sebagai solusi ketika pupuk sedang langka, Kamis 17 September 2020.

Menurut H. Karim sapaan karibnya, berdasarkan penilitian petani tidak seharusnya sepenuhnya bergantung kepada pupuk kimia sebab pupuk organik juga bisa menjadi solusi untuk menyuburkan tanah.

“Bila pupuk organik dijadikan solusi, paling tidak nanti harus ada pengembangan kepada pupuk organik. Menurut saya sebagaimananhasil penelitian di beberapa negara yang saya ketahui peran pupuk organik pun sebetulnya tidak kalah pentingnya,” ujarnya usai serap aspirasi di Kantor Kelurahan Kranjiangn, Sumbersari.

Baca Juga :  Kader SOKSI, Aisyah Claresta Jadi Peserta Terbaik di Program Golkar Institute

Ia menjelaskan, bahwa ada beberapa jenis tanaman membutuhkan pupuk kimia dan dikombinasikan dengan organik. Orang-orang ahli pertanian, penyuluh atau Dinas Pertanian atau lembaga-lembaga penelitian harus mensosialisasikannya.

“Karena itu menyangkut kesuburan tanah yang berkelanjutan karena tidak ada jaminan dengan pupuk kimia kemudian tanah akan menjadi bagus,” tegas H. Karim.

Ketua DPD Golkar Jember terpilih ini juga menyebut harus ada kejelasan kuota yang diberikan kepada Kabupaten, berapa pupuk subsidi dan nonsubsidi yang harus disiapkan. Apalagi, di Jember ini juga banyak daerah perkebunan yang harus mendapatkan kuota pupuk subsidi sehingga perlu pengawalan dan data-data yang akurat. (Fahmi)

Baca Juga :  Calon Ketua DPRD Halteng Berasal Dari Partai Golkar

Publis.id