EKSEKUTIF

Menko Airlangga Dorong Pemilik Toko Kelontong Manfaatkan Teknologi Digital

0
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Berita Golkar – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap ke depannya peritel tradisional pemilik toko kelontong lebih banyak memanfaatkan teknologi digital, termasuk dengan cara bergabung ke dalam marketplace.

Selain itu, dia juga mendorong para UMKM dan toko kelontong agar terus memiliki semangat perubahan yang inovatif dan adaptif untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Hal tersebut disampaikan Airlangga pada perayaan hari jadi ke-14 Sampoerna Retail Community (SRC) sekaligus merayakan jumlah anggotanya yang mencapai 160.000 toko kelontong di seluruh Indonesia.

Airlangga mengatakan kehadiran toko kelontong SRC juga turut berkontribusi sebagai penggerak perekonomian lokal maupun nasional, dan siap untuk ikut andil dalam pemulihan ekonomi di Tanah Air.

Airlangga mengatakan UMKM, baik itu pedagang besar maupun eceran, menjadi salah satu yang memberikan kontribusi besar pada pemulihan ekonomi di kuartal-1 2022.

Baca Juga :  Penyandang Disabilitas Punya Hak Ekspresi dan Produktif Secara Ekonomi

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh UMKM dan toko kelontong tergabung dalam SRC yang telah membawa perubahan bagi mereka dan masyarakat sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia, khususnya pemulihan ekonomi nasional pascapandemi,” kata Menko Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/5/2022).

Dikatakannya, pada kuartal 1/2022, Indonesia berhasil tumbuh 5,01 persen atas kontribusi dari pemerintah pusat, daerah, dan seluruh pemangku kepentingan, termasuk UMKM toko kelontong, dalam pengendalian pandemi sekaligus menggerakkan kembali roda perekonomian nasional.

Sementara itu, Head of Commercial Business Development Sampoerna Rima Tanago menyatakan perjalanan 14 SRC tahun ini, kata Rima, dimaknai sebagai proses penting dalam transformasi toko kelontong menjadi adaptif dan inovatif terhadap kebutuhan masyarakat masa kini.

“Di usia ke-14 tahun ini, kami ingin merayakannya bersama seluruh masyarakat Indonesia serta toko kelontong, mitra dan partner atas kontribusi SRC sebagai toko kelontong masa kini yang sejak dulu berdampak dalam membawa perubahan terhadap pemilik toko kelontong dan keluarga, serta membantu banyak keluarga Indonesia dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” ujarnya.

Baca Juga :  Menko Perekonomian Airlangga: Silakan Halal Bihalal, Tapi Tetap Disiplin Prokes

Rima berharap kehadiran SRC yang berkomitmen akan menggerakkan masyarakat dalam mendukung UMKM dengan cara berbelanja di toko kelontong.

“Kehadiran toko kelontong di Indonesia sudah dekat dengan masyarakat sejak zaman dulu. Sehingga, warisan dan tradisi ini perlu terus dijaga. Itu sebabnya kami juga giat dalam mendukung digitalisasi toko kelontong dengan merilis aplikasi AYO SRC TOKO yang sistemnya selalu diperbaharui dari waktu ke waktu sehingga toko kelontong dapat menyesuaikan dengan era digital,” ungkapnya.

Kegiatan HUT Ke-62 SOKSI, Musa Rajekshah: Perlu Kebersamaan untuk Kemenangan 2024

Previous article

Pengamat Beri Tanggapan Soal Fenomena Politikus Pindah ke Golkar

Next article

You may also like

Comments