EKSEKUTIF

Menko Airlangga: KEK Lido Komitmen Serap Investasi Rp 694 Miliar Tahun Ini

0
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat berpidato dalam peresmian KEK Lido mendampingi Presiden Jokowi, di Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).

Berita Golkar–Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido berkomitmen menyerap investasi sebesar Rp 694 miliar pada tahun ini. Selain itu, KEK Lido juga bakal menyerap 877 orang tenaga kerja untuk tahun 2023.

KEK Lido yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 2021, memiliki luas lebih kurang 1.040 hektare. KEK Lido juga berkomitmen merealisasikan investasi hingga 2,4 miliar dolar AS atau setara Rp 32 triliun serta menyerap 29.545 tenaga kerja dalam kurun waktu 20 tahun.

“Dengan tema pariwisata dan industri kreatif, KEK Lido diharapkan dapat menekan outflow devisa dari wisatawan nasional hingga 4,1 miliar dolar AS dalam 20 tahun ke depan. Khusus di tahun ini, KEK Lido berkomitmen menyerap investasi sebesar Rp 694 miliar,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan KEK Lido di Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).

Baca Juga :  Kembangakan Destinasi Wisata, Sahrul Gunawan Dukung Program 100 Desa Wisata Bupati Bandung

Airlangga yang juga Ketua Dewan Nasional KEK ini mengatakan, hingga Maret 2023, total realisasi investasi di KEK Lido tercatat telah mencapai Rp 3,4 triliun. Jumlah ini naik 72,5 persen atau sebesar Rp 1,4 triliun rupiah dibandingkan 2021. Investasi tersebut mencakup investasi pembangunan kawasan dan investasi pelaku usaha dalam kawasan.

Sementara, jumlah tenaga kerja yang terserap hingga saat ini mencapai 1.690 orang. Jumlah ini mengalami kenaikan 671,6 persen atau sebanyak 1.471 orang dibandingkan 2021. Pelaksanaan investasi di KEK Lido sendiri terbagi dalam tiga tahap. Yakni tahap 1 dengan target Rp 14,2 triliun, tahap 2 dengan target Rp 5,8 triliun, dan tahap 3 dengan target Rp 12 triliun.

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini mengatakan, saat ini, KEK Lido sedang mengerjakan pengembangan tahap 1 yang di dalamnya terdapat beberapa proyek seperti Lido Lake Hotel Extension, Movieland, Music and Art Center, Golf Course 18-Holes & Club House/Country Club, Theme Park, serta infrastruktur dan sarana-prasarana.

Baca Juga :  Ketum Golkar Airlangga Instruksikan Kader Manfaatkan Momentum Ramadhan Turun ke Masyarakat

KEK Lido menjadi salah satu yang akan mengembangkan sektor pariwisata di Tanah Air. Pemulihan sektor pariwisata nasional sendiri telah mulai terlihat dari peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di tahun 2022 yang mencapai 5,47 juta kunjungan. Devisa sektor pariwisata juga telah bergerak kembali di atas angka 16 miliar dolar AS.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang karena KEK Lido menjadi kawasan wisata yang lengkap. “Saya senang bahwa di sini akan ada theme park, movieland, wáter park, techno park, otomotif, semuanya komplit. Jadi, ke depannya diharapkan tidak ada lagi masyarakat kita yang lebih senang liburan ke luar negeri daripada di negerinya sendiri,” tutur Jokowi.

Presiden mengaku, masyarakat Indonesia yang liburan keluar negeri tercatat mencapai 11 juta. “Kalau diambil separuh saja tentu saja devisanya tidak terbuang, masuk ke negara ini. Ini yang diharapkan Pemerintah agar pembangunan infrastruktur yang berjalan secara ekonomis dimanfaatkan oleh sektor swasta,” tegas Presiden Joko Widodo
saat meresmikan KEK Lido.