EKSEKUTIF

Menko Perekonomian Airlangga Bertemu Menteri Luar Negeri Singapura

0
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) bersama Menteri Luar Negeri Singapura HE DR Vivian Balakrishnan (tengah).

Berita Golkar – Dalam rangkaian agenda kunjungan kerja ke Singapura, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan makan siang dengan Menteri Luar Negeri Singapura HE DR Vivian Balakrishnan di Singapura, Selasa (31/05).

“Indonesia dan Singapura perlu untuk lebih meningkatkan keikutsertaan dan peran aktif kedua negara dalam forum kerja sama yang ada di kawasan, terutama pada forum kerja sama ASEAN, RCEP, dan baru-baru ini pada IPEF (Indo-Pacific Economic Framework),” tegas Menko Airlangga Hartarto dalam pertemuan tersebut.

Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa sebagai anggota kunci ASEAN, peran Indonesia dan Singapura dalam pertumbuhan regional menjadi sangat penting.

Baca Juga :  Menko Perekonomian Airlangga: Silakan Halal Bihalal, Tapi Tetap Disiplin Prokes

Ekonomi ASEAN tumbuh 3,0% pada 2021 dan diproyeksikan tumbuh 4,9% pada 2022.

Pertumbuhan didorong oleh peningkatan permintaan domestik, ekspor dan pembukaan kembali sektor pariwisata, dan tingkat vaksinasi yang tinggi (64,4%).

Menko Airlangga juga menyampaikan agar kedua negara juga harus memperkuat kerja sama di kawasan Asia Pasifik yang lebih luas, melalui kerangka kerja seperti RCEP yang merupakan FTA terbesar di dunia saat ini.

“RCEP akan bermanfaat bagi kita semua melalui kemudahan investasi asing memasuki RPC, penciptaan lapangan kerja, kepastian hukum, dan perbaikan iklim investasi dengan mendorong reformasi regulasi,” ungkap Menko Airlangga.

Baca Juga :  Putri Wali Kota Bekasi Mencalonkan Ketua DPD Golkar

Berkaitan dengan isu kerja sama IPEF, Menko Airlangga menyampaikan pandangan Indonesia seperti yang tercermin dalam ASEAN Outlook on Indo Pacific (AOIP) yang diprakarsai oleh Indonesia dan disahkan oleh Pemimpin ASEAN pada tahun 2019.

“Untuk itu, Indonesia mendukung sinergi AOIP dan IPEF, karena AOIP dan juga RCEP berupaya memperkuat posisi ASEAN di kawasan khususnya dalam hal investasi, ekonomi digital, dan kerja sama ekonomi,” pungkas tutup Menko Airlangga.

DPD Golkar Pemalang Bantu Masyarakat Terdampak Banjir Rob di Kecamatan Ulujami

Previous article

ATxSummit Singapura, Menko Airlangga: Teknologi Digital Hadirkan Peluang Baru

Next article

You may also like

Comments