EKSEKUTIF

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto: Visi IMT-GT Hadirkan Kawasan Terintegrasi

0
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (kanan).

Berita Golkar – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan visi dari pertemuan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) bertujuan untuk menghadirkan kawasan terintegrasi, inovatif, inklusif, hijau, dan berkelanjutan di tahun 2036.

Airlangga di Batam, Jumat mengatakan dengan 30 tahun dari kerja sama IMT GT juga merupakan forum yang memprioritaskan pembangunan dan ekonomi di daerah yang melibatkan seluruh pemerintahan atau pun kementerian negara.

“Dengan tumbuhnya ekonomi koridor di kawasan IMT-GT diharapkan dapat mempererat perannya di Selat Malaka dan terutama untuk pariwisata dimana itu menjadi salah satu andalan di IMT-GT,” ujar Airlangga usai melakukan pertemuan IMT-GT yang dilaksanakan di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Ia menyebutkan selama 30 tahun kerja sama yang telah terjalin, adapun beberapa kemajuan yaitu produk domestik bruto (PDB) pada tahun 1993 sebesar Rp20 miliar, dan berhasil meningkat mencapai Rp406 miliar.

Selain itu, pada tahun 2021, investasi dan perdagangan juga meningkat, dimana sektor perdagangan mengalami peningkatan hingga sekitar USD 20 miliar.

Baca Juga :  Kick off Meeting GNPIP 2023, Menko Airlangga Beri Arahan Perkuat Sinergi Jaga Inflasi & Ketahanan Pangan Nasional

“Kemudian pariwisata sudah bangkit kembali. Dan ini adalah hal-hal kongkrit yang didorong,” ujar dia.

Adapun beberapa hal yang dibahas untuk masa mendatang yaitu perlunya meningkatkan ekonomi hijau yang menjadi kunci pembiayaan dan pertumbuhan ekonomi hijau.

“Perkembangan hilirisasi karet dan kelapa sawit juga menjadi penting karena tiga negara ASEAN yang merupakan produsen utama karet dan sawit adalah di tiga negara ini (Indonesia, Malaysia, Thailand),” kata dia.