EKSEKUTIF

Menko Perekonomian Airlangga Pimpin Pertemuan AECC Special Retreat on Sustainability Agenda

0
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto.

Berita Golkar – Para Menteri dari negara-negara yang tergabung dalam ASEAN Economic Community Council (AECC) mendukung inisiatif Indonesia, sebagai pemegang Keketuaan ASEAN tahun 2023, tentang ekosistem kendaraan listrik.

Hal tersebut terungkap dalam pembahasan ASEAN Economic Community (AEC) Council Special Retreat on Sustainability Agenda yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Pertemuan yang diadakan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Minggu (7/05), dihadiri oleh para Menteri AEC Council, Sekretaris Jenderal ASEAN, dan Menteri Timor-Leste yang hadir sebagai observer.

“Hal tersebut dikarenakan kendaraan listrik tidak hanya mampu mengurangi emisi karbon dan polusi udara, namun juga menciptakan peluang ekonomi dan meningkatkan ketahanan energi,” ucap Menteri Airlangga.

Baca Juga :  Munas Mendatang, DPD Golkar Jember Dukung Airlangga Hartarto Tetap jadi Ketum

Namun, melihat kesiapan setiap negara ASEAN dalam pengembangan kendaraan listrik berbeda-beda, maka disepakati penyusunan deklarasi Kepala Negara untuk menunjukkan komitmen bersama di kawasan yaitu ASEAN Leaders’ Declaration on Developing Regional Electric Vehicle Ecosystem.

Deklarasi itu juga dimaksudkan sebagai pedoman bagi negara-negara ASEAN dalam mengadopsi kendaraan listrik.

Beberapa hal yang digarisbawahi dalam deklarasi yaitu mencakup harmonisasi standar kendaraan listrik serta ekplorasi kerja sama dalam proses pembangunan ekosistem kendaran listrik regional.

Kemudian, deklarasi ini menekankan kolaborasi dari seluruh pihak untuk membentuk sebuah ekosistem kendaraan listrik kawasan yang efektif dan mendukung.

“Hanya dengan saling melengkapi dan bekerja secara harmonis, ASEAN dapat menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan tangguh untuk semua, serta memperkuat posisinya menuju pusat pertumbuhan ekonomi global,” kata Menko Airlangga.

Baca Juga :  Blusukan ke Tapteng, Caleg Golkar Sumut Ijeck Sosialisasikan Program Kerja Prabowo-Gibran

Deklarasi ini akan menjadi tonggak penting dalam perjalanan ASEAN menuju transportasi yang berkelanjutan dan rendah karbon.

Dengan menerapkan penggunaan kendaraan listrik, ASEAN bertujuan menciptakan masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan bagi seluruh warganya, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi dan inovasi di industri otomotif.

Dengan demikian, ASEAN dapat menjadi global hub kendaraan listrik dan pionir dalam upaya mitigasi perubahan iklim.

“Dukungan pertemuan ini terhadap ASEAN Leaders’ Declaration on Developing Regional Electric Vehicle Ecosystem tidak diragukan lagi, yakni akan berperan sebagai langkah pertama yang sangat krusial dalam mewujudkan ASEAN yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan,” tutup Menko Airlangga.