EKSEKUTIF

Menpora Dito Tegaskan Politik dan Olahraga Tak Bisa Dicampur

0
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo.

Berita Golkar – Sikap tegas diperlihatkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo terkait isu politik dan olahraga.

Kader Partai Golkar itu mengatakan bahwa politik dan olahraga adalah dua hal yang tidak bisa dicampuradukkan.

Berangkat dari hal tersebut, Dito pun sejalan dengan pemikiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait perbedaan mendasar politik serta olahraga.

Baca Juga :  Pengamat Arus Survei Indonesia Ungkap Golkar Beri Efek Kekuatan Politik dan Logistik ke Koalisi

“Saya sepakat dengan Pak Presiden (Joko Widodo) bahwa politik dan olahraga tidak bisa dicampuradukkan,” kata Dito, Selasa (4/4/23).

Pernyataan itu merupakan respons Dito pada keputusan FIFA yang mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Selasa (29/3).

Selain itu, pernyataan tegas itu juga menjawab beberapa persoalan terkait keikutsertaan timnas Israel di beberapa kompetisi olahraga dunia yang diselenggarakan di Indonesia.

Namun, Menpora berpendapat bahwa diplomasi dan komunikasi yang baik dapat menjadi upaya awal agar Indonesia tetap bisa menjadi tuan rumah ajang olahraga bergengsi tahun ini.

Baca Juga :  Ketua Fraksi Golkar DPRD Kendari Soroti Sejumlah Ruas Jalan Rusak

“Berkaca pada pengalaman Piala Dunia U-20, saya sebagai Menpora akan mengedepankan komunikasi, (upaya) kolaboratif, dan saya akan menghubungkan seluruh stakeholder agar perbedaan itu ada titik temunya,” ujar Dito.

Dito merasa bahwa kunci keberhasilan terselenggaranya ajang internasional di Indonesia dalah diplomasi dan koordinasi.

“Jadi saya rasa dengan diplomasi dan juga koordinasi semua bisa dijalani,” imbuhnya.