LEGISLATIF

Meutya Hafid: Komisi I DPR RI Bentuk Panja Netralitas TNI di Pemilu 2024

0
Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid.

Berita Golkar – Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, mengatakan calon Panglima TNI Jenderal, Agus Subiyanto sepakat membentuk panitia kerja (panja) yang bertugas untuk mengawasi netralitas TNI pada Pemilu 2024.

“Kita ada Panja dan beliau juga sudah sepakat untuk lahirnya atau terbentuknya Panja Netralitas TNI. Sesungguhnya tidak hanya kepada mitra kami TNI, tetapi kepada seluruh mitra di Komisi I,” kata Meutya saat jumpa pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

Meutya mengatakan Panja Netralitas TNI itu sudah dibentuk dalam rapat internal Komisi I pada 8 November 2023.

“Kami sudah juga menetapkan ketuanya, nanti yang memimpin Pak Utut, beliau berkenan untuk memimpin dan tentu dibarengi oleh seluruh pimpinan dan juga Anggota Komisi I,” ucap Meutya.

Lebih lanjut, politikus Golkar itu mengatakan sebelum Jenderal Agus menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Panglima TNI hari ini, ia telah menjamin netralitas TNI pada Pemilu 2024.

Baca Juga :  Misbakhun Pertanyakan Efektivitas Satgas BLBI yang Dibentuk Pemerintah Sejak Tahun 2021

“Beliau [Jenderal Agus] sebelum fit and proper sudah menyatakan siap, seluruh fraksi juga menyatakan siap untuk mengawal, dan insyaallah ini menepis kekhawatiran semua,” ucap Meutya.

Meutya mengatakan Jenderal Agus telah meminta kepada Komisi I agar tak meragukan dirinya agar anak buahnya netral pada Pemilu 2024 jika terpilih menjadi Panglima TNI.

“Tadi beliau sudah menyatakan tegas tidak ada keraguan kepada TNI untuk hal netralitas dan Komisi I juga akan mengawal melalui Panja,” tutur Meutya Hafid.