EKSEKUTIF

Mewakili Presiden Jokowi, Menko Airlangga Hadiri Nikkei Forum 2024 di Jepang

0

Berita Golkar – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri Nikkei Forum 2024 di Tokyo, Jepang.

Kehadiran Menko Airlangga di Jepang melanjutkan kunjungan kerja di Republik Korea untuk meningkatkan hubungan bilateral dan kerja sama ekonomi untuk Indonesia.

Di Nikkei Forum 2024 bertajuk ‘The Future of Asia 2024’, Airlangga yang mewakili Presiden Joko Widodo turut dalam bagian Commermorative Dinner yang dibuka dengan sambutan dari Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida.

Pertemuan internasional yang digelar tiap tahun oleh Nikkei Inc sejak 1995 ini dianggap sebagai salah satu konferensi global terpenting di Asia.

Baca Juga :  Siti Nafsiah Minta Pemda Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat dalam Atasi Stunting

Para pimpinan politik, ekonomi, dan akademisi dari kawasan Asia-Pasifik menyampaikan pendapat mereka secara terbuka dan bebas mengenai isu regional dan peran Asia di dunia.

Menko Airlangga menuturkan, dalam pertemuan itu, PM Kishida menegaskan komitmennya untuk mendorong program unggulan Asia Zero Emision Community (AZEC) bersama ERIA, think thank ternama di Asia yang juga memiliki kantor di Jakarta.

“AZEC yang di Indonesia merupakan kerja sama melalui Joint Commitee antara METI Jepang dengan Kemenko Perekonomian direncanakan menggelar Ministerial meeting di Jakarta bulan Agustus tahun ini,” ujar Airlangga, di Tokyo, Kamis (23/5/2024) waktu setempat.

Selain sambutan dari PM Kishida dan para pemimpin politik, acara ini juga mencakup serangkaian diskusi panel yang menampilkan para ahli dari berbagai bidang.

Baca Juga :  Palembang, Menko Airlangga: Pemerintah Tingkatkan Akses Pembiayaan Lewat KUR bagi UMKM

Topik-topik yang dibahas antara lain kerja sama regional untuk membangun ekosistem digital, upaya Asia untuk mencapai nol karbon, peran Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan dalam keamanan regional di Asia Timur Laut, dan sebagainya.

Lebih lanjut, Indonesia, Jepang dan ASEAN akan merumuskan strategi selama satu dekade ke depan dalam Nikkei Forum yang juga menjadi wadah opini bergengsi dunia tersebut.

Acara ini juga dihadiri PM Malaysia Anwar Ibrahim, PM Thailand Srettha Thavisin, Deputi PM Vietnam Le Minh Khai, Deputi PM Singapura Gan Kim Yong, Deputi PM Cambodia Sun Chanthol, Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn, mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad, serta dihadiri sejumlah Chairman/CEO perusahaan besar beserta para profesor dari berbagai universitas ternama dunia.