LEGISLATIF

Misbakhun Nilai KTT G20 Indonesia Terbaik

0
Anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun.

Berita Golkar – Anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbakhun menilai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia adalah yang terbaik dari KTT G20 sebelumnya.

Oleh karenanya, gelaran KTT G20 di Indonesia akan menjadi standar baru bagi tuan rumah atau presidensi KTT G20 ke depan.

Misbakhun mengatakan, dalam KTT G20 di Indonesia, Presiden Jokowi memberikan hospitality atau keramahtamahan yang belum pernah dilakukan pemimpin negara lain.

Dengan demikian, dia meyakini presidensi kali ini akan menjadi acuan bagi penyelenggaraan KTT G20 selanjutnya.

“Indonesia memberikan standar baru bagaimana memperlakukan para kepala negara beserta delegasinya dengan keramahtamahan Indonesia yang tidak pernah diberikan oleh siapa pun yang pernah menjadi tuan rumah G20,” ujar Misbakhun dalam diskusi Dialektika Demokrasi bertajuk ‘Dampak KTT G20 dan B20 Bagi Ekonomi Indonesia dan Dunia’ di Media Center Parlemen, Senayan, Kamis (17/11/22).

Baca Juga :  DPR RI-Ukraina Perkuat Kerja Sama Bilateral Di Bidang Pertahanan dan Keimigrasian

Politikus Golkar ini menilai, keberhasilan perhelatan KTT G20 di Indonesia terlihat dari adanya deklarasi bersama para pemimpin negara yang tercantum dalam Bali Leaders Declaration 2022 yang bisa dihadirkan di tengah situasi panas geopolitik global.

“Bagaimana situasi yang keras bisa landai, ini melebihi ekspektasi semua. Dan saya juga tidak bisa memperkirakan bahwa ternyata semua isu bisa diselesaikan penuh pengertian dan kedamaian, baik itu di pertemuan unilateral dan bilateral,” ungkap Misbakhun.

Baca Juga :  Legislator Golkar Kawal Pembangunan Rumah Pengganti Korban Longsor di Serasan

Selain itu, kata Misbakhun, penyelenggaraan juga lancar dari sisi pengamanan para delegasi dan tamu undangan.

Hal ini pun, menurut dia, bisa berdampak pula kepada kesuksesan substansi G20 itu sendiri.

“Walaupun Rusia tidak mendatangkan kepala negaranya, tapi Rusia bisa menerima leaders declaration yang isinya sangat sejuk, memberikan solusi, dan akan menjadi guideline perjalanan dan arah G20 ke depan,” tuturnya.

Dengan kualitas dari deklarasi bersama pemimpin negara tersebut, Misbakhun menyebutkan jika KTT G20 di Bali kemarin berkelas dan memiliki makna yang kuat dalam menyajikan pesan perdamaian.

“Ini adalah G20 terbaik yang pernah ada,” pungkas Misbakhun.