BERITA

Parpol KIB Berkumpul di Kediaman Airlangga, Tunjukkan Solid dan Tidak Bubar

0
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono di Jakarta, Kamis (27/4/2023) malam.

Berita Golkar—Ketua umum partai anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menggelar pertemuan tertutup di kediaman Ketum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, pada Kamis (27/4/2023) malam. Usai pertemuan, Airlangga menegaskan, KIB hingga saat ini masih solid dan rukun.

Ia mengaku pertemuan ini untuk mendengarkan penjelasan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang mengumumkan mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024.

“Kami mendapatkan penjelasan dari (Plt) Ketua Umum PPP terkait dengan hasil Rapimnas dan tentunya kami mengapresiasi mekanisme yang ada di PPP. Masing-masing partai walaupun kami semua koalisi KIB, pada malam hari ini terlihat kita solid, guyub, dan rukun,” tutur Airlangga saat konferensi pers didampingi Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono, Kamis (27/4/2023) malam.

Airlangga menegaskan, baik Golkar maupun PAN menghormati mekanisme yang ada di internal partai berlambang Ka’bah. Menurutnya, tiap partai di KIB memiliki mekanismenya masing-masing untuk menentukan bakal capres.

Baca Juga :  Ketum Golkar: KIB Paling Siap Dukung Keberlanjutan Program Pembangunan Presiden Jokowi

“KIB tidak akan mencampuri urusan internal partai masing-masing. Jadi itu clear, jadi rapimnas itu bagian dari mekanisme internal Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Kalau di Golkar ada Munas dan demikian pula mekanisme di PAN,” tegas Ketum Golkar.

Munas Golkar sendiri sudah memutuskan mengusung Airlangga Hartarto sebagai bakal capres 2024. Airlangga mengaku KIB menampung seluruh aspirasi yang dibawa setiap partai anggota. Ia mengatakan, aspirasi yang dibawa tiap partai anggota koalisi akan dibahas lebih lanjut bersama parpol lain di dalam koalisi.

“Jadi kalau seperti keluarga, KIB ini adalah keluarga. Masing-masing berbicara atas nama KIB kemudian atas nama partai, kemudian kita juga rundingkan kembali secara internal,” ujar Airlangga yang juga Menko Perekonomian ini.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga menegaskan, partainya menghormati mekanisme yang ada di internal PPP untuk mendukung Ganjar Pranowo. Ia mengaku, pada waktunya nanti, partai berlambang matahari terbit ini juga akan mengumumkan siapa bakal calon presiden yang akan diusungnya.

Baca Juga :  Menko Airlangga: Informasi Geospasial Dukung Dasar Perencanaan Pembangunan Ekonomi dan Sosial

“Masing-masing partai itu bisa sama bisa tidak, baru kita akan berembug apakah bisa ada kesepakatan ataukanh tidak, pada akhirnya nanti. Masih panjang perjalanannya,” tutur Zulhas.

Sementara, Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono mengaku keputusan mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai bakal capres yang akan diusung partainya merupakan keputusan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) V. Ia menegaskan, setelah keputusan Rapimnas ingin ikut mengusung Ganjar, masih ada proses lanjutan yang harus dilewati PPP.

Yakni, bertemu langsung dengan Ganjar, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Presiden Jokowi. “Karena kami ini kan baru mengumumkan hasil internal partai kami,” ujar Mardiono.

Ia menambahkan, sudah mendapat jadwal untuk bertemu dengan Megawati Soekarnputri pada Ahad mendatang. Sementara untuk bertemu Ganjar, hingga saat ini, masih mencari waktu yang tepat bagi PPP bertemu Gubernur Jateng itu.