BERITA

Pengalaman Urus Keamanan dan Ekonomi, TBRC Nilai Prabowo-Airlangga Duet Maut

0
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Berita Golkar – Lembaga Survei Timur Barat Research Center (TBRC) mengukur reaksi publik terhadap tokoh-tokoh yang berpotensi maju pada Pilpres 2024 mendatang.

TBRC mensimulasikan 3 pasangan bakal Capres-Cawapres dengan metode pertanyaan tertutup kepada 2.024 responden. Mereka diminta memilih salah satu pasangan jika Pilpres digelar hari ini, Minggu (17/9).

Tingkat keterpilihan pasangan Prabowo Subianto-Airlangga Hartarto sebanyak 41,7 persen.

Kemudian disusul pasangan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil 29,8 persen. Sedangkan di posisi buncit ada Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 20,1 persen.

Baca Juga :  Legislator Golkar Harap Kemensos tidak Hapus Santunan Biaya Ahli Waris Covid-19

Direktur Eksekutif TBRC, Johanes Romeo mengatakan duet Prabowo-Airlangga punya kemampuan untuk melanjutkan program pemerintahan Jokowi.

Sebab, pengalaman Airlangga dikenal mumpuni lantaran telah menjadi pembantu Jokowi dari periode pertama.

“Tingginya elektabilitas pasangan Prabowo-Airlangga karena oleh mayoritas publik dinilai sebagai pasangan yang punya pengalaman melebihi pasangan lainnya dalam mengelola negara,” kata Johanes Romeo dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/9).

Sedangkan Prabowo diakui Johanes mempunyai pengalaman dalam menata sistim pertahanan dan keamanan nasional.

Baca Juga :  Meutya Hafid Minta Menhan RI Hati-Hati Bicara Konflik Ukraina–Rusia

“Sebenarnya Pilpres 2024 ini mirip dengan 2014, saat itu Prabowo lebih memilih Hatta Rajasa dari PAN dibandingkan Aburizal Bakrie yang merupakan ketua umum Golkar, sehingga menyebabkan mesin Golkar tidak bekerja maksimal sehingga kalah oleh Jokowi-Jusuf Kalla,” tambahnya.

Adapun jumlah responden terpilih sebanyak 2024 WNI yang sudah punya hak pilih dan tersebar 37 provinsi. Survei ini menghasilkan margin of error kurang lebih 2,18 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.