BERITA

Pengamat: Peran Strategis Ahmad Doli Dinilai Jadi Kunci Kemenangan Golkar 2024

0
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung.

Berita Golkar – Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia dinilai memiliki peran strategis yang membuat dampak positif.

Hal ini disebut membuat raihan suara Golkar melesat pada Pemilu 2024.

“Ahmad Doli turut memberi peran strategis dalam tubuh Golkar. Efek kehadirannya mampu menggerakkan kader-kader di daerah untuk fokus bekerja menghadapi Pemilu,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, kepada wartawan, Minggu (23/6/2024).

Baca Juga :  Ketua IIPG Yanti Airlangga Pimpin Trauma Healing Anak Korban Gempa Cianjur

Hanta menilai, sebagai Korbid Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Doli sukses membuat langkah para kader semakin kuat dengan arahan strategi.

Selain itu, Doli dinilai berhasil membuat sejumlah wilayah menjadi kantong pengepul suara yang menguatkan perolehan suara Golkar.

“Golkar melakukan pergerakan efektif, tentu tidak terlepas dari banyak caleg yang merupakan tokoh kuat di daerah. Sehingga tren perolehan suaranya juga ikut positif,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hanta menyebut setidaknya terdapat dua faktor kunci yang membuat perolehan suara melesat pada Pemilu dan Pileg 2024.

Baca Juga :  38 Ketua DPD I Golkar Kompak Satu Komando di Bawah Ketum Airlangga Hartarto

Selain karena memiliki caleg potensial, Golkar memiliki captive market sebagai partai berpengalaman dan mandiri.

“Faktor caleg ini, faktor utama di dalam Pileg. Selain faktor-faktor mesin politik captive marketnya dan seterusnya,” terangnya.

Diketahui Golkar berhasil meraih 18% suara atau sebanyak 102 kursi di DPR RI.

Sedang untuk DPRD Provinsi, Golkar mendapat kursi terbanyak yakni 359 kursi serta sukses memperoleh capaian positif dengan 2.521 kursi di tingkat DPRD Kabupaten/Kota se-Indonesia pada Pemilu 2024.