DPD GOLKAR

Penjaringan Calon Wali Kota Dibuka, Ketua Bappilu Golkar Kendari: Diutamakan Kader

0
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Sahabuddin.

Berita Golkar – DPD II Partai Golkar Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) membuka penjaringan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari periode 2024-2029 mulai 4 Juli sampai dengan 8 Juli 2023.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Sahabuddin menjelaskan, penjaringan calon kepala daerah (Cakada) berdasarkan surat perintah dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar di Jakarta.

“Mulai hari ini penjaringan dibuka dan belum ada yang mendaftar. Pada 10 Juli 2023 nanti, DPD II Partai Golkar Kendari sudah harus mengirim nama-nama ke DPP,” ucap dia saat dihubungi lewat sambungan telepon, Selasa (4/7/2023) malam.

Baca Juga :  Golkar Berduka, Anggota DPRD Lampung I Gede Jelantik Tutup Usia

Sahabuddin menerangkan, dalam proses penjaringan ini, pihaknya membuka kesempatan bagi mereka yang punya niatan maju sebagai calon wali kota maupun calon wakil wali kota dengan menggunakan kendaraan
Partai Golkar.

Selain itu, Golkar Kendari juga membuka seluas-luasnya bukan hanya kader partai, tetapi dari partai lain pun bisa mendaftar apabila berminat mengikuti penjaringan Partai Golkar, termasuk para tokoh masyarakat.

“Tapi poin utamanya dan perintah DPP memang yang diutamakan kader partai,” jelasnya.

Sahabuddin kembali menjelaskan, proses penjaringan cakada ini memang sudah menjadi budaya Partai Golkar menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada). Ini dijadikan sebagai tahapan awal.

Melalui kesempatan ini pula, partai ingin melihat keseriusan kader yang berkeinginan maju pilkada, meski tidak meniadi keharusan karena tahapan utamanya ketika dibuka pendaftaran bakal calon (Balon) nantinya.

Baca Juga :  Adies Kadir: MKGR Sanggup Menangkan Pencapresan Airlangga Hartarto

Tetapi setidaknya dengan ikut penjaringan cakada ini membuktikan keseriusan mereka maju di perhelatan pesta demokrasi lima tahunan.

“Alangkah eloknya kalau mereka yang punya natan maju dan menginginkan menggunakan kendaraan Partai Golkar ini, ya melalui mekanisme seperti ini yang dimulai penjaringan sampai pada pendaftaran balon wali kota dan wakil wali kota Kendari di internal partai,” tutur Sahabuddin.

Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Kendari ini menambahkan, dalam proses tahapan penjaringan vakada, pihaknya bakal melakukan pleno diperluas dengan melibatkan pengurus partai di tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Pleno diperluas in memang sering dillakukan Partai Golkar dengan melibatkan teman-teman akar rumput untuk menyampaikan inilah hasil penjaringan kita. Nanti disitu akan banyak masukan dan saran,” pungkasnya.