LEGISLATIF

Penyaluran Logistik Pemilu 2024, Ketua Komisi II DPR RI Menilai Jauh Lebih Baik

0
Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung.

Berita Golkar – Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung menilai persiapan penyaluran logistik pemilu 2024 jauh lebih baik dari Pemilu sebelumnya.

Menurutnya, hal ini dikarenakan banyaknya inovasi-inovasi baru yang mengantisipasi kekhawatiran akan kerusakan dan tidak sampainya logistik pemilu ke suatu daerah.

“Kalau dalam segi konsepnya baik itu peraturan, kemudian strategi pengadaannya, terus kemudian strategi pendistribusiannya. Menurut saya, banyak hal-hal baru dibandingkan dengan pemilu-pemilu sebelumnya yang (dapat) untuk mengantisipasi hal-hal yang kita khawatirkan,” kata Doli kepada Parlementaria di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Baca Juga :  Dunia Telekomunikasi, Nusron Wahid Minta Menteri BUMN Perjuangkan Regulasi 'Over The Top'

Politisi Fraksi Partai Golkar ini mencontohkan salah satunya ialah proses lelang logistik yang kini lebih terstruktur dan jelas.

“Jadi misalnya proses lelangnya sekarang rumit, itu kan menghindari adanya monopoli misalnya. Terus kemudian pemisahan antara perusahaan logistik, pengadaan logistik dengan pendistribusian itu beda. Jadi artinya perusahaan-perusahaan yang mendistribusikan itu fokus,” sambung Doli.

Komisi II selalu mengingatkan pada KPU agar menyampaikan logistik secara hati-hati dan kemudian menjaga keamanannya serta memastikan sampai ke tingkat yang paling jauh semuanya tanpa terkecuali

Doli pun mengungkapkan dirinya bersama anggota dewan lainnya selalu memonitor dan memastikan logistik yang berada di dapil mereka masing-masing sudah sampai dan aman hingga waktu pemilihan berlangsung.

Baca Juga :  Adanya TNI Jadi Pemasok Senjata KKB Papua, Christina Aryani Prihatin

“Nah, tinggal kan sekarang kita monitor. Teman-teman di Komisi II ini kan sekarang juga sering turun ke Dapil apalagi kemarin masa reses. Itu juga sambil monitor di daerah kita masing-masing. Saya aja hampir seluruh kabupaten dan kota tempat saya, saya cek itu apakah memang betul-betul sudah sampai,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Legislator Dapil Sumatera Utara III ini menjelaskan dirinya selalu mengingatkan pada KPU agar menyampaikan logistik secara hati-hati dan kemudian menjaga keamanannya serta memastikan sampai ke tingkat yang paling jauh semuanya tanpa terkecuali.

“Seluruhnya ya tanpa terkecuali baik itu di daerah terpencil, yang dari daerah terjauh, yang situasi alamnya susah dan segala macam itu,” pungkasnya.