EKSEKUTIF

Percepatan Penanganan Dampak Gempa Cianjur, Bupati Sukabumi Pastikan jadi Prioritas Utama

0
Foto Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat mengunjungi Desa Titisan, Kecamatan Sukalarang yang menjadi salah satu lokasi yang terdampak guncangan gempa, Senin (5/12/2022).

Berita Golkar – Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, ingin memastikan percepatan penanganan dampak gempa bumi Cianjur menjadi prioritas utama, sesuai dengan instruksi yang telah dia perintahkan kepada jajarannya.

Hal itu dikatakan bupati saat mengunjungi Desa Titisan, Kecamatan Sukalarang yang menjadi salah satu lokasi yang terdampak guncangan gempa, Senin (5/12/2022).

“Sedari awal bencana, penanganan sudah kita lakukan. Kali ini saya meninjau untuk memastikan sekaligus mengevaluasi langkah-langkah yang harus dilakukan untuk percepatan penanganan,” kata Marwan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD Golkar Kabupaten Sukabumi itu, meninjau langsung kondisi rumah yang terdampak termasuk posko pengungsian sementara bagi warga sekitar supaya semua warga terkondisikan dengan baik.

Baca Juga :  Menko Airlangga bertemu H.E. Mr. Håkan Jevrell di Brussel

“Kami juga berusaha membantu rumah warga yang terdampak. Termasuk, lembaga pendidikan yang rusak akan menjadi prioritas,” tandasnya.

Jenis bantuan yang diserahkan cukup bervariasi tidak sekadar makanan dan alat kebersihan.

Namun juga dalam bentuk bahan bangunan untuk membantu masyarakat yang rumahnya porak poranda karena gempa.

“Selain makanan dan alat kebersihan, kami juga menyerahkan semen bantuan dari ASN. Termasuk selimut dan lainnya kita siapkan. Kita serahkan sesuai kebutuhan urgensinya,” ungkapnya.

Untuk menghilangkan beban psikologi warga yang mengalami goncangan jiwa, maka Pemkab Sukabumi, memberikan trauma healing kepada warga sekitar untuk menghilangkan panik ataupun kecemasan akibat gempa.

“Trauma healing dilakukan, termasuk dengan bantuan dari Polres Sukabumi juga,” ungkapnya.

Baca Juga :  Seminar PPI Institute, Airlangga: Generasi Milenial Menentukan Pencapaian Indonesia Emas 2024

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan menambahkan, terdapat 15 kecamatan yang terdampak bencana gempa Cianjur. Salah satunya di Desa Titisan ini.

“Ada sekitar 1.197 KK yang terdampak. Hari ini kita menyalurkan bantuan paket sembako dan perlengkapan kebersihan. Kita pun menyalurkan semen,” terangnya.

Warga Terdampak gempa, Ikram (20) mengaku, bantuan tidak kurang diterimanya pasca gempa.

“Kalau bantuan Alhamdulillah banyak,” tuturnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat 146 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak gempa tersebut.

Maka dari itu, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami meninjau lokasi yang terdampak gempa.

Hal itu untuk memastikan semua yang telah diinstruksikan berjalan sebagaimana mestinya.