LEGISLATIF

Sejahterakan Pegawai Perwakilan Indonesia di Luar Negeri, Golkar Dukung Kebijakan Kemlu

0
Ketua DPP Partai Golkar, Meutya Hafid.

Berita Golkar – Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengaku senang dan mendukung adanya kebijakan baru yang bertujuan menyejahterakan para pegawai yang menjadi perwakilan Indonesia di luar negeri.

Hal itu disampaikan pasca Rapat dengan Kemenlu Membahas Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kemlu Tahun Anggaran 2024.

“Jadi tadi kami senang dan juga amat mendukung terhadap adanya apa kebijakan baru untuk program sewa rumah. Jadi, ini membantu perwakilan kita di mancanegara yang kurs saat ini juga naik terus untuk kemudian bisa dapat tinggal di tempat yang layak selayaknya. Kemudian juga ada tunjangan luar negeri yang juga diusulkan untuk naik,” ujar Meutya ketika ditemui tim Parlementaria di Gedung Nusantara I, DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga :  HSBC Summit 2023, Menko Airlangga Tekankan Fasilitasi UMKM dan Penyediaan Lapangan Kerja

Lebih lanjut, ia menjelaskan, permasalahan anggaran dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang utama yaitu untuk meningkatkan profesionalitas perwakilan Indonesia di mancanegara.

Sebab pada dasarnya, perwakilan di luar negeri adalah wajah Indonesia.

“Sehingga tentu bagaimana kondisinya baik itu kantor ataupun wisma kita di sana dan bagaimana pelayanan warga negara Indonesia di sana (agar dapat diperhatikan). Penguatan diplomasi di perwakilan perwakilan kita di mancanegara itu menjadi penting,” jelas politisi Fraksi Partai Golkar ini.

Baca Juga :  Muhidin M. Said Bersyukur atas Pemulihan Ekonomi Indonesia Terus Tunjukan Perbaikan

Ia berharap dengan adanya usulan peningkatan kesejahteraan tersebut di Kementerian Luar Negeri mampu mendorong profesionalitas dari para diplomat Indonesia.

“Terkhusus yang sedang bertugas di luar negeri. Mungkin ada evaluasi lainnya untuk memberikan anggaran sendiri.” tutupnya.