LEGISLATIF

Soal Pengurangan Petugas Haji 2024, Ace Hasan: Pemerintah Harus Lobi Arab Saudi

0
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily.

Berita Golkar – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily menilai Pemerintah Indonesia perlu terus melakukan lobi-lobi dengan Pemerintah Arab Saudi terkait rencana pengurangan petugas haji.

Diketahui sebelumnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan adanya pengurangan petugas Haji pada Haji 2024 nanti.

“Kami juga mendesak kepada Menteri Agama dan Pemerintah Republik Indonesia untuk melakukan pendekatan diplomatik kepada Pemerintah Arab Saudi agar petugas Haji kita bisa ditambah, karena jumlah jemaah Haji di tahun 2024 ini justru semakin banyak ya,” kata Ace kepada Parlementaria, di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Baca Juga :  Penyaluran Logistik Pemilu 2024, Ketua Komisi II DPR RI Menilai Jauh Lebih Baik

Kuota jemaah haji 2024 bertambah. Namun, Arab Saudi mengurangi kuota untuk petugas haji. Padahal, hal tersebut bagian dari perlindungan terhadap rakyat Indonesia.

Terlebih, lanjut Ace, jumlah Jemaah Haji tahun 2024 mengalami peningkatan sebanyak 241 ribu jemaah.

Di mana jumlah tersebut merupakan jumlah terbesar sepanjang sejarah Indonesia. Maka, ia berharap adanya peningkatan petugas Haji.

Baca Juga :  DPD Golkar Terus Berperan Aktif Atasi Pengangguran di Bekasi

“Saya kira harus dilakukan lobi secara terus-menerus (karena) persiapan Haji juga masih cukup lama, sehingga kita minta kepada bukan saja Kementerian Agama tetapi pihak Kementerian Luar Negeri Indonesia juga bisa memastikan agar jumlah petugas hajinya lebih banyak karena ini bagian dari perlindungan terhadap rakyat Indonesia,” tutup Politisi Fraksi Partai Golkar ini.