DPP GOLKAR

Terobosan Baru Partai Golkar Minta Izin Lisensi Musik

0
Sebastian Salang (Sekretaris Penyelenggara), Lamhot Sinaga (Ketua Penyelenggara), Dharma Oratmangun (Ketua Pelaksana).

Berita Golkar – Partai Golkar membuat terobosan baru dalam hal perlindungan hak cipta dan musisi tanah air. Melalui Lembaga Manajemen Kolektif Karya Cipta Indonesia (LMK – KCI), partai berlambang beringin ini mengajukan izin penggunaan lagu sejumlah musisi pada Perayaan Natal Nasional di Salatiga, 29 Januari mendatang.

Langkah tersebut bertujuan untuk memberi dukungan substantif bagi pengembangan dan apresiasi dunia musik di Indonesia.

Sebastian Salang, selaku Sekretaris Panitia Penyelenggara Natal Nasional mengatakan bahwa inisiatif dari panitia penyelenggara menghubungi LMK KCI untuk berkoordinasi mengenai hal tersebut sebagai bentuk ketaatan dan kepatutan hukum yang dicontohkan oleh Partai Golkar.

Prosedur izin penggunaan lisensi sesuai dengan yang berlaku dan diatur dalam Undang – Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Karena acara tersebut akan disiarkan melalui TV Nasional maupun melalui live streaming YouTube.

Baca Juga :  Ace Hasan Syadzily Pertanyakan Indikator Pernyataan Faisal Basri

“Sehubungan dengan acara ini akan diselenggarakan dalam bentuk siaran TV Nasional maupun melalui Live Streaming Youtube dan media lainnya, maka hal ini tentunya disambut baik oleh pihak manajemen LMK KCI, sebagai bentuk apresiasi Partai Golkar bagi pengembangan dunia seni musik Indonesia,” kata Sebastian Salang.

“Untuk permohonan lisensi penggunaan Karya Cipta Lagu, sebagaimana yang diatur dalam Undang – Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta dimana disitu dijelaskan bahwa penggunaan karya cipta lagu secara komersiil harus mendapatkan izin dari Pemilik Hak Cipta maupun Hak Terkait melalui Lembaga Manajemen Kolektif,” tambahnya.

Pihak KCI yang diwakili oleh Slamet Adriyadie (Pencipta Lagu Widuri) bersama General Manager KCI Tiena Sopacua dan Sekjen KCI Baskoro langsung mengapresiasi niat baik dari Partai Golkar tersebut.

Baca Juga :  Jelang 2022, Aburizal Bakrie Beri Sejumlah Catatan untuk Internal Golkar

Mereka menyerahkan izin lisensi penggunaan karya cipta, lagu dan musik kepada panitia penyelenggara, yang berlangsung di Gedung Nusantara DPR RI.

Lamhot Sinaga, selaku Ketua Penyelenggara Natal Nasional , yang didampingi Dharma Oratmangun, selaku Ketua Pelaksana, menegaskan bahwa acara Perayaan Natal Nasional Golkar tersebut akan dihadiri oleh beberapa pejabat negara dan tokoh-tokoh lainnya.

“Acara Perayaan Natal Nasional Partai Golkar ini akan dihadiri oleh Ketua Umum Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pemudan dan Olahraga Zainuddin Amali, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Dewan Pertimbangan Presiden Agung Laksono, Presiden Lippo yang juga adalah Dewan Pertimbangan Golkar Theo Sambuaga serta para tokoh lainnya termasuk Forkopimda Provinsi Jawa Tengah dan Kota Salatiga,” pungkasnya.