EKSEKUTIF

Tragedi Kanjuruhan, Menpora Amali: Presiden RI Perintahkan Investigasi Serius sampai Tuntas

0
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Berita Golkar – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam, sangat memilukan.

Beliau pun meminta pihak yang terlibat untuk bertanggung jawab sesuai aturan yang berlaku.

“Kita jadikan tragedi ini sebagai pelajaran berharga yang memilukan kita semua dan harus menjadi yang terakhir,” kata Zainudin melalui keterangan pers tertulisnya, Minggu (2/10/2022).

“Kepada mereka yang harus bertanggung jawab tentu harus bisa mempertanggung jawabkan sesuai aturan yang berlaku, yakni aturan FIFA, aturan PSSI, dan aturan-aturan lainnya yang berlaku di negara ini,” lanjutnya.

Zainudin menyampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan untuk segera menginvestigasi serius dan mengusut tuntas tragedi kerusuhan tersebut.

Baca Juga :  Airlangga Hartarto Dorong Kualitas Wirausaha Indonesia Lewat Program Kartu Prakerja

Ia pun segera berkoordinasi dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Ketua Umum Mochamad Iriawan (Iwan Bule) untuk melakukan penanganan secara cepat dan menyeluruh.

Politikus Partai Golkar itu mengatakan akan segera segera berkoordinasi dengan Kapolri dan Ketum PSSI untuk segera mengambil langkah penanganan secara cepat dan tepat.

Ia pun bertolak ke Malang dan akan segera menginformasikan perkembangan selanjutnya setelah tiba nanti.

“Saya berharap kita harus mengevaluasi secara menyeluruh pelaksanaan pertandingan sepakbola (baik kompetisi maupun turnamen) agar tragedi Kanjuruhan ini tidak terulang lagi di masa depan,” katanya.

Di sisi lain, Zainudin juga mengatakan, akan menginvestigasi penggunaan gas air mata di stadion dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Evaluasi PPKM, Menko Airlangga: Kasus Covid-19 di Indonesia Masih Terkendali

Sebab, menurut dia, aturan FIFA tidak memperbolehkan penggunaan gas air mata dalam pertandingan sepak bola.

Zainudin juga telah menginstruksikan sejumlah pihak untuk melakukan investigasi menyeluruh terkait kerusuhan. Ia tak mau dunia sepak bola di Indonesia kembali terpuruk.

“Tidak mau sepak bola kita ini akan kembali [pada] hal-hal yang di luar teknis atau di luar pembinaan dan prestasi,” ujar Zainudin.

“Kita akan melihat apa yang sebenarnya terjadi dan langkah-langkah yang harus kita lakukan, serta apa yang ke depannya untuk pembenahan dari keseluruhan ini,” tuturnya.