DPP GOLKAR

Waketum Golkar Doli Kurnia Respon Rumor MK Akan Putuskan Sistem Tertutup pada Pemilu Mendatang

0
Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung.

Berita Golkar – Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia merespon rumor Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutuskan sistem pemilu mendatang menggunakan sistem proporsional tertutup.

Menurutnya, partai Golkar tetap pada sikapnya yakni pemilu dilaksanakan dengan sistem yang sebelumnya sudah dilakukan yakni proporsional terbuka.

“Kalau Golkar posisinya sudah jelas kami meminta kepada sembilan hakim konstitusi bersama dengan delapan partai politik yang lain itu dari beberapa bulan lalu sudah menegaskan sikap kami bahwa sebaiknya Pemilu 2024 ini tetap menggunakan pemilu yang ada,” kata Doli ditemui di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat.

Baca Juga :  Airlangga: HUT MKGR Menjadi Momentum Kerja Untuk Kemenangan Pemilu 2024

Doli melanjutkan saat ini tahapan Pemilu sudah dimulai di mana semua orang atau partai telah mendaftarkan Bakal Calon Anggota Legislatif di semua tingkatan.

“Karena itu kita berharap sembilan hakim konstitusi itu tetap konsisten terhadap putusan Mahkamah Konstitusi pada tahun 2008. Yang menegaskan sistem yang digunakan adalah sistem proposional terbuka,” kata Doli.

Baca Juga :  Golkar-PKS Sepakat Jaga Suasana Kondusif Kebangsaan

Ia mengungkapkan kalaupun nanti ada perubahan sebaiknya dilakukan sebelum tahapan pemilu dilaksanakan atau sesudah pemilu selesai.

“Jadi menurut saya kalau nanti ditetapkan berbeda dengan yang sekarang ini akan menguras energi lagi,” tegasnya.

Artinya kata Doli partai-partai yang sudah mengusulkan Bacaleg ini jadi terbuang.

“Karena itu kami percaya bahwa hakim konstitusi itu akan melihat realitas tahapan pemilu yang sudah dilakukan,” ucapnya.