BERITAEKSEKUTIF

Wamendag: Kemendag bantu UKM lebih Kompetitif tembus Pasar Ekspor

0
Foto - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga./NET

Berita Golkar – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan terus memfasilitasi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam menembus pasar ekspor.

“Saat ini Indonesia sedang bertransformasi dari negara eksportir barang mentah dan setengah jadi, menjadi negara eksportir barang industri dan industri berteknologi tinggi,” kata Wamendag lewat keterangan resmi di Jakarta, Rabu (10/2).

Menurutnya, saat ini Kemendag membantu UKM lebih kompetitif sehingga dapat menembus pasar ekspor negara tradisional dan non-tradisional.

Baca Juga :  Menko Airlangga Bertemu EVP Commisioner for Trade Valdis Dombrovskis

Beberapa sektor yang konkret menunjukkan transformasi tersebut antara lain pada ekspor komoditas besi baja, kendaraan bermotor, serta perhiasan.

“Sektor tersebut mampu memberikan tingkat upah yang cukup tinggi dan melibatkan banyak UKM Indonesia,” paparnya. Jerry menjelaskan, perlu dilakukan langkah bersama dalam mengidentifikasi produk-produk UKM yang akan diangkat ke pasar internasional.

Di samping juga diperlukan berbagai kegiatan serta langkah-langkah peningkatan kualitas dan performa produk-produk UKM dalam negeri tersebut.

“Dengan identifikasi yang cermat dan dilakukan bersama seluruh pemangku kepentingan, diharapkan kita dapat mengembangkan berbagai produk UKM potensial agar bisa berjaya di pasar global,” ujar Jerry.

Baca Juga :  Maman Terus Dorong Realisasi Pembangunan Pipa Gas Trans Kalimantan

Dia pun mengapresiasi kinerja para perwakilan perdagangan di luar negeri, baik Atase Perdagangan maupun Indonesian Trade Promotion Center yang turut melakukan sosialisasi seputar kebijakan perdagangan Indonesia.

Perwakilan perdagangan di luar negeri dinilai sangat membantu dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti penyuluhan bisnis, pendampingan buyer, dan penjajakan kesepakatan dagang atau business matching.