EKSEKUTIF

Airlangga Hartarto: Indonesia Sudah Bisa Masuk Fase Endemi Covid-19

0

Berita Golkar–Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali Airlangga Hartarto mengaku, Indonesia sudah mulai masuk ke fase endemi Covid-19. Airlangga menuturkan hal ini didasarkan data hampir satu tahun ini pandemi Covid-19 di Indonesia berhasil melandai.

Airlangga yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini mengaku telah melaporkan berbagai kesiapan pemerintah sebelum PPKM nantinya dicabut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sudah hampir satu tahun Indonesia landai. Artinya berdasarkan kriteria dari WHO di level 1 dan itu sudah 12 bulan. Artinya secara negara sebetulnya kita sudah masuk pandeminya sudah berubah menjadi endemi,” tutur Airlangga di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Baca Juga :  Agus Gumiwang Jelaskan Ketentuan Soal Insentif PPnBM DTP

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini menambahkan, saat ini, kondisi pandemi di Indonesia sudah masuk di Level 1. Selain itu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga tengah melakukan serosurvei untuk memastikan kondisi pandemi secara nasional.

Sementara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku, pemerintah masih menunggu seluruh kajian dari Kemenkes dan Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali sebelum memutuskan untuk mengakhiri kebijakan PPKM untuk mengatasi pandemi Covid-19. Jokowi menargetkan kajian dan kalkulasi mengenai pencabutan PPKM selesai pada pekan ini.

Baca Juga :  Fauzan Fadel: Golkar Jakarta Selatan Siap Bantu Lestarikan Budaya Betawi

“Jadi kembali ke PSBB, PPKM itu masih saya masih menunggu seluruh kajian dan kalkulasi dari Pak Menko (Airlangga) maupun dari Kementerian Kesehatan. Saya kemarin memberikan target minggu ini harusnya kajian dan kalkulasi itu sudah sampai ke meja saya,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Setelah hasil kajian diterimanya, Jokowi akan menyiapkan Keputusan Presiden yang mengatur berakhirnya kebijakan PPKM. “Sehingga bisa saya siapkan nanti Keputusan Presiden mengenai penghentian PSBB-PPKM. Kita harapkan segera sudah saya dapatkan dalam minggu-minggu ini,” kata dia.