BERITALEGISLATIF

Bobby Adhityo Rizaldi dorong Pemerintah Tuntaskan Masalah di Papua

0
Foto - Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Bobby Adhityo Rizaldi./NET

Berita Golkar – Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Bobby Adhityo Rizaldi mendorong Pemerintah tegas menuntaskan masalah di Papua. Apalagi, sudah ada koridor jelas untuk itu.

Koridor itu, yakni Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2008 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua.

Ada 5 poin utama yang disinggung dalam beleid tersebut.

“Mulai dari mewujudkan keadilan, penegakan supremasi hukum, dan penghormatan hak asasi manusia,” ujar Bobby, dikutip dari salah satu berita pada media online, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga :  Golkar Minta Pemkab Bogor Naikan Bonus Atlet dan Pelatih

Bobby menyebut poin keempat ialah percepatan pembangunan ekonomi. Sedangkan, poin terakhir ialah peningkatan kesejahteraan untuk kesetaraan.

“Identifikasi masalah dan bagaimana solusinya karena sudah jelas,” ujar dia.

Namun, perlu keseriusan dan ketegasan Pemerintah menunaikan poin-poin dalam Perppu tersebut. Politikus Golkar itu mencontohkan penegakan hukum atas tindakan rasis terhadap rakyat Papua.

“Kemudian, tangkap, adili, dan hukum aktor intelektual pencipta kerusuhan di Papua,” tegas Bobby.

Baca Juga :  DPD Golkar Bartim Dukung Pasangan H.Sugianto Sabran – Edy Pratowo

Pemerintah juga perlu menggencarkan dialog, khususnya di 7 wilayah adat yang menjadi dasar pemekaran Papua. Wilayah itu, yakni Mamta, Saereri, Anim Ha, La Pago, Mee Pago, Domberai, dan Bomberai.

“Supaya ada usulan pembangunan bottom up (dari masyarakat ke Pemerintah) karena ada kesulitan sinergi dan kesetaraan,” tutur dia.