DPP GOLKAR

Gerindra Berencana Perbesar Koalisi Prabowo-Gibran, Ketua DPP Golkar Setuju

0
Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono.

Berita Golkar – Ketua DPP Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengaku setuju dengan rencana Partai Gerindra memperbesar koalisi partai politik pendukung Prabowo-Gibran.

Menurut dia, penambahan partai politik pendukung perlu untuk memastikan pemerintahan Prabowo-Gibran kelak berjalan lancar.

Pasalnya, kata Dave, target dan program-program kerja presiden bisa tercapai apabila mendapatkan dukungan kuat dari DPR.

“Hal ini hanya bisa dicapai bila kita memiliki koalisi yang besar dan solid dalam sebuah pemerintahan,” ujarnya ketika dihubungi wartawan dari Jakarta, Ahad (24/3/2024).

Baca Juga :  Golkar Sulut Solid Bergerak Hadapi Pemilu 2024

Sebagai gambaran, Partai Golkar, Gerindra, Demokrat, dan PAN diprediksi total mendapatkan 280 kursi DPR hasil Pileg DPR 2024.

Koalisi partai pendukung Prabowo-Gibran belum menjadi mayoritas di parlemen karena total kursi mereka baru 48,2 persen dari keseluruhan kursi.

Kendati mendukung penambahan jumlah partai pendukung Prabowo-Gibran, Dave menyebut bentuk koalisinya atau pola kerja sama dengan parrai tambahan harus didesain terlebih dahulu.

Penentuan pola itu menurutnya menjadi domain Prabowo bersama para ketua umum partai pengusungnya.

“Bentuk koalisinya seperti apa, kita kembalikan kepada presiden terpilih dan para ketua umum untuk mendesainnya bagaimana,” kata anak dari mantan ketua umum Partai Golkar, Agung Laksono itu.

Baca Juga :  Hari Pahlawan Nasional, Legislator Golkar Beri Pesan untuk Generasi Muda

Sebagai catatan, partai yang ikut mendukung pemerintahan selalu mendapatkan jatah kursi menteri di kabinet.

Terkait hal ini, Dave enggan menjawab secara lugas pertanyaan apakah dia tidak khawatir jatah kursi menteri untuk Golkar berkurang akibat ada partai tambahan.

Menurut dia, ihwal kursi menteri merupakan salah satu poin yang akan dibahas ketika Prabowo bersama para ketua umum mendesain pola koalisi dengan partai tambahan.

“Segala hal akan dibahas secara bersama, agar tujuan utama tercapai,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, pasangan capres-cawapres pemenang Pilpres 2024, Prabowo-Gibran akan berupaya membangun koalisi besar demi memajukan Indonesia secara bersama-sama.