DPD GOLKAR

Golkar Sultra Jaring Bacaleg untuk Pemilu 2024

0
Sekretaris DPD Partai Golkar Sultra, Muhammad Basri.

Berita Golkar – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golkar Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah menjaring bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Partai Golkar menjaring bacaleg mencari calon anggota legislatif untuk DPRD Kabupaten, Kota, Provinsi, dan DPR RI.

Sekretaris DPD Partai Golkar Sultra, Muhammad Basri mengatakan saat ini penjaringan bacaleg sudah melebihi di atas 100 persen.

“Untuk DPRD Provinsi sudah mencapai 200 persen, sementara DPRD Kabupatan dan Kota tinggal beberapa daerah belum rampung,” ujarnya, Selasa (15/11/2022).

Basri menjelaskan untuk bacaleg DPRD Provinsi yang semula kuota penerimaan sebanyak enam orang dalam satu dapil pendaftarnya mencapai 12 orang.

Baca Juga :  Hasil Hitung Cepat Pemilu 2024, Meutya Hafid Ungkap 4 Faktor Keberhasilan Perolehan Suara Golkar

Kata dia, sama halnya dengan bacaleg yang berada di daerah juga beberapa melampaui target penjaringan.

Sejumlah nama bacaleg yang mendaftar untuk DPR RI dan Provinsi, kini sudah dikirim datanya ke DPP Partai Golkar.

“Nantinya dari DPP Partai Golkar akan menentukan figur yang sesuai untuk bacaleg sesuai kuota di daerah,” ucapnya.

Basri mengatakan dalam penilaian ini DPD Partai Golkar akan turun ke-6 daerah pemilihan di DPRD Sultra untuk memverifikasi bacaleg yang diusung.

“Jadi umpamanya DPRD Provinsi dapil Kendari disiapkan enam kursi, yang kami siapkan 12. Nanti kerucutkan 100 persen sesuai dengan jumlah kursi per dapil,” jelasnya.

Mantan Anggota DPRD Sultra ini mengatakan untuk pendaftar selain dari kader Partai Golkar, juga ada mantan pengurus partai politik lain yang ikut mendaftar.

Selain itu, ada pula mantan pejabat kepala daerah untuk bacaleg DPR RI, dosen kampus, tokoh pemuda, dan kalangan politisi milenial.

Baca Juga :  Terima 23 Organisasi Kesehatan, Melkiades: Komisi IX Pastikan Kawal Turunan UU Kesehatan

Ia menambahkan dalam penjaringan ini, Partai Golkar juga membuka kuota untuk bacaleg dari kaum perempuan sesuai instruksi 30 persen keterlibatan dalam Pemilu 2024.

“Jadi semua daerah pemilihan atau dapil sudah terisi pendaftar bacaleg Partai Golkar,” ujar Muhammad Basri.

Kata dia, dengan banyaknya pendaftar bacaleg ini, DPD Partai Golkar Sultra menargetkan bisa menang di semua dapil pada Pemilihan Legislatif 2024.

Basri mengatakan untuk DPR RI, Partai Golkar bisa mengirim setidaknya dua perwakilan di parlemen pusat, sementera DPRD Provinsi targetnya 10 kursi.

“Untuk DPRD Kabupaten dan Kota harus ada peningkatan minimal di atas pencapaian saat ini. Targetnya 70 kursi dan terisi di semua dapil,” tutur Muhammad Basri.