LEGISLATIF

Iceu Purnamasari Dorong Lembaga Keagamaan Turut Cegah Stunting dari Hulu

0
Ketua Komisi III DPRD Gunung Mas Iceu Purnamasari.

Berita Golkar – Berbagai cara dilakukan dalam upaya pencegahan stunting. Salah satunya adalah dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama untuk pencegahan stunting dari hulu kepada calon pengantin, yang bekerja sama dan melibatkan lembaga keagamaan.

“Melalui kerja sama itu, kami mendorong lembaga keagamaan untuk turut mencegah stunting dari hulu dengan melakukan pembinaan kepada setiap calon pengantin,” ujar Anggota DPRD Kabupaten Gumas Iceu Purnamasari, Senin, (8/5/2023).

Dia menuturkan, setiap lembaga keagamaan dapat memberikan pendampingan atau bimbingan yang terkait dengan bagaimana mempersiapkan rumah tangga dan menjadi ibu yang sehat, sehingga akan melahirkan anak-anak yang sehat serta bebas stunting.

“Apabila calon pengantin masih belum cukup usia untuk melangsungkan pernikahan, sebaiknya dari lembaga keagamaan jangan disarankan untuk menikah,” tuturnya.

Dia mengatakan, jika anak usia dini tetap memaksa menikah, maka dikhawatirkan anak yang dilahirkan dengan kondisi stunting, karena belum siap dari segi kesehatan.

Untuk itu, diharapkan dari lembaga keagamaan bisa turut mencegah pernikahan anak usia dini.

Baca Juga :  Dito Ganinduto Ungkap Perekonomian Indonesia Konsisten Menuju Arah Pemulihan

“Dengan demikian, bisa mencegah stunting dari hulu kepada calon pengantin, sehingga generasi muda Kabupaten Gumas terbebas dari stunting,” kata Politisi Partai Golkar ini.

Sebelumnya, Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing menegaskan, dalam pencegahan stunting dari hulu, pemkab akan menjalin kerja sama dengan lembaga keagamaan yang mengesahkan acara pernikahan, karena pasti setiap calon pengantin akan mendatangi lembaga agama untuk mendaftar dan melaksanakan pernikahan.

“Nanti lembaga keagamaan akan memberikan pembinaan, konsultasi, dan memeriksa kesehatan calon pengantin sebelum menikah. Kalau dinilai belum siap, maka pernikahan bisa ditunda,” tukasnya.