EKSEKUTIF

ISBF 2024, Menko Airlangga bertemu Menteri Perdagangan dan Industri Singapura

0
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah sisi kiri) beserta jajaran saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong di Singapura, Rabu (27/03).

Berita Golkar – Di sela-sela Indonesia-Singapore Business Forum 2024, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong di Singapura, Rabu (27/03).

Pertemuan tersebut membahas hasil kerja sama kedua negara dalam mekanisme bilateral ekonomi 6 Working Group (WG) Indonesia-Singapura yang dipimpin bersama oleh Menko Airlangga dan Menteri Gan.

Kerangka kerja 6 WG merupakan forum bilateral untuk meningkatkan kolaborasi ekonomi kedua negara.

Salah satu area kerja sama mencakup kawasan ekonomi Batam, Bintan, Karimun dan Kawasan Ekonomi Khusus lainnya.

Baca Juga :  Ketua DPP Golkar Kalteng Prediksi Pilgub Kalteng 2020 Diikuti 2 Pasangan

Kerja sama juga mencakup peningkatan sektor investasi, transportasi, tenaga kerja, agribisnis, dan pariwisata. Kedua Menteri juga membahas persiapan pertemuan Leaders’ Retreat berikutnya.

“Diharapkan Pertemuan Tingkat Menteri Kerja Sama 6 WG dapat dilaksanakan sebelum pertemuan para leaders,” ungkap Menteri Gan.

Lebih lanjut, kedua Menteri juga sepakat agar Memorandum of Understanding (MoU) yang berkaitan dengan isu ketenagakerjaan yang ditandatangani pada 16 Maret 2023 dapat segera diimplementasikan.

“Kita perlu mendorong implementasi kesepakatan program kerja sama ketenagakerjaan dalam mobilitas tech talent dapat segera diwujudkan,” tegas Menko Airlangga.

Saat ini kedua negara sedang menyiapkan technical arrangement dalam rangka implementasi MoU.

Baca Juga :  Menko Airlangga Berdiskusi dengan Pebisnis Singapura

Pada tahap awal implementasi, akan dilaksanakan pilot project dengan jumlah tertentu untuk para pelamar awal dan perusahaan yang terlibat.

Dalam pertemuan tersebut Menteri Gan menekankan pentingnya pemanfaatan industrial park dan Kawasan Ekonomi Khusus.

Kawasan ekonomi terbukti dapat menciptakan multiplier effect bagi berbagai bidang usaha, dan pertumbuhannya berkaitan langsung dengan insentif finansial yang diberikan Pemerintah dalam bentuk fasilitas perpajakan seperti tax holiday dan tax allowance.

Pada kesempatan tersebut Menteri Gan mengundang Menko Airlangga untuk hadir dan berpartisipasi dalam IPEF Clean Economy Investor Forum pada bulan Juni di Singapura.

Kedua menteri juga sepakat untuk melaksanakan pertemuan menteri 6 WG dirangkaikan dengan Investor Forum tersebut.