LEGISLATIF

Legislator Golkar Sayangkan Adanya Dana Rp412 Miliar Milik Kemensos Diblokir Kemenkeu

0
Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Golkar, Endang Maria Astuti.

Berita Golkar – Anggota Komisi VIII DPR RI Endang Maria Astuti angkat suara terkait anggaran Kementerian Sosial (Kemensos) yang diblokir oleh Kementerian Keuangan.

Ada total anggaran yang diblokir mencapai lebih dari Rp412 miliar. Sementara total pagu anggaran Kemensos pada 2023 mencapai Rp78,1 triliun.

Menurut Endang, pemblokiran anggaran yang dilakukan Kemenkeu membuat Kementerian Sosial sulit mengimplementasikan program.

Ia meminta Mensos untuk menyampaikan keluh kesahnya ke Menteri Keuangan Sri Mulyani. Tujuannya, lanjut Endang, agar persoalan tersebut segera diselesaikan.

“Sayang sekali jika anggarannya Kemensos hingga kini masih diblokir, saya harap Mensos ini dapat memperjuangkannya karena akan berdampak pada program penuntasan kemiskinan yang tengah dijalankan,” pungkasnya saat Rapat dengan Menteri Sosial Tri Risma Harini di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (28/3/2023) seperti dikutip dari situs DPR RI.

Baca Juga :  Meutya Hafid Bahas Hubungan Indonesia-Uni Eropa yang Lebih dari 30 Tahun

Lebih lanjut, Menteri Sosial Tri Risma Harini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Anggota DPR RI yang telah memperjuangkan anggaran kementeriannya agar dikembalikan seperti sebelumnya.

“Tidak ada kami macam-macam. Susah kami Pak, terus terang. Rapat sampai jam 2 malam, setiap hari. Anggaran 2023 ini turun sekitar Rp300 miliar. Kemudian ini diblokir Rp412 miliar di awal,” ujarnya.